Senin, 11 Mei 2015

Tips Gampang Mengatasi Anak Sulit Makan

Bertumpu dari banyaknya problem yang sama dan seakan-akan di fan page “Dunia Aretha” seputar masalah anak selit-belit makan atau reguk susu. Rasanya ujung tangan ini sudah lumayan lelah untuk mengetik hal yang sama. & untuk efisiensi sudahnya saya coba menguasai berbagai pertanyaan & jawabannya disini.

Memang masalah “Anak terik makan atau reguk susu” merupakan sesuatu klise dan banyak orang mengalami, termasuk aku sendiri dengan 2 anak yang tentunya masing-masing punya watak berbeda dan lain. Meskipun masalah secara biasa, namun mesti ditangani serius sebab makan memiliki 3 fungsi yang indah, yaitu pemenuhan niat gizi dan dorongan, edukasi dan entertainment.

Masing-masing anak kudu pendekatan berbeda namun konsepnya sama, serta terbukti si adi mas yang awalnya sama sekali tidak mau teguk susu formula (sampai 2 th bertambah masih tetap BERDASAR, padahal saya sendiri bekerja sehingga berdasar pada gizi perlu tambahan makanan / minuman yang lain) waktu ini dengan lahap meminumnya bahkan memintanya, begitu juga juga nafsu makannya menjadi lebih indah. Sedangkan si berdekak-dekak, meski nafsu membaham tidak sebagus si adik, tapi mendapati perkembangan yang substansial.

Salah satu vitabumin saya adalah mempergunakan sugesti alam bawah sadar pada kala menjelang tidur, ataupun ada yang bilang Hypnosleep (biasanya dipelajari di Hypnoparenthing)

Secara garis besar berikut trik mengatasi anak selit-belit makan:

Pertama siapkan mental ibu terlebih dahulu, bahwa masing-masing anak berbeda dan tidak ada masalah yang tidak terpecahkan. Sesulit apapun masalahnya pasti siap terselasaikan, jadi siapkan mental dengan saluran super besar ketabahan dan kreativitas dan ingat tetap “positive thinking. ”

Buat bayi, kenalkan target secara bertahap setara umurnya.



Buat persembahan semenarik mungkin.

Bakal anak senyaman mungkin pada saat merampas, kalau perlu diajak sambil bermain atau jalan-jalan.

Buat kesibukan rutin kapan budak makan besar dan merampas ringan, jadwal yang rutin akan memunggungi anak memprediksi apa yang harus dijalani sehingga membuatnya bertambah nyaman.

Buat anak-anak yang sulit makan, coba beri vitamin penambah nafsu makan yang mengandung LYSINE.

Apabila anak tetap sulit makan serta terindikasi kurang gizi, cobalah minta sandaran ahli (dokter atau ahli gizi).

Analog melakukan langkah-langkah pada atas, coba beri sugesti anak di saat menjelang tilam menggunakan teknik Hypnosleep. Pada saat peringkat antara sadar dan lelap, ucapkan ocehan sugesti positif (bisa sambil disentuh patut telinganya), seperti: “Adik mulai sekarang se makan nasi, daun dan ikan”. Lakukan berulang kali sampai bani tidur dan ulangi besoknya. Teknik ini juga bisa dikenakan untuk masalah - masalah anak yang lain, seperti mengurangi kemarahan, dll.

Sesuatu yang sudah tertanam interior alam bawah sadar akan lebih mudah dilakukan bahkan mampu dilakukan tanpa kita sadari. Jadi ingin anak makannya gampang, beri dia sugesti dan tanamkan ke alam bawah sadarnya bahwa “Dedek menganak-emaskan makan apapun laksana buah, sayuran, nasi, telur dan ikan”.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar