Selasa, 21 April 2015

Teknik Wisata Tanpa Agensi Travel

Setiap jalan-jalan orang akan berusaha menekan budget serta mengoptimalkan pengalaman tanpa harus mengkompromikan kenyamanan. Bagi saya, satu diantara caranya adalah secara menghindari paket tur dari travel agents.

Selain relatif mahal, paket tur hendak memberi kita pengalaman yang sangat generik/mainstream. Jadwal agenda dengan tidak flexibel pula seringkali malah melelahkan. Pengalaman wisata dengan paket tur juga kurang adventurous & cenderung superficial. Untuk wisatawan seperti saya yang lebih suka berpetualang dan memperoleh sendiri hal-hal pertama di luar ekspektasi, wisata tanpa ikut travel agents ialah pilihan utama.

Bakal tetapi dengan tidak mengikuti pattern travel agents, perjalanan hendak lebih menantang & tidak jarang mengharuskan kita mengkompromikan sisi kenyamanannya. Dengan persiapan yang baik, hal-hal yang tidak diinginkan akan dapat dihindari. Berikut beberapa trik untuk memaksimalkan perjalanan wisata tanpa melalui paket tur.

Bikin objective dari perjalanan kita

Orang pergi http://www.travelsurabayamalang.com/ mampu bermacam-macam objective dengan ingin dicapainya, misalnya menambah wawasan dan pengetahuan, mempelajari kultur baru, mengalihkan diri sejenak dari stress di tempat kerja, atau sekedar rebah belakang saja. Objective yang jelas membantu kita memilih kegiatan-kegiatan apa saja akan kita lakukan atau tempat-tempat seperti apa dengan harus kita kunjungi.

Bikin rencana perjalanan

Sebelum pergi buatlah rencana perjalanan dengan jelas termasuk schedule dan budget. Usahakan untuk patuh di dalam rencana tersebut. Namun sekali lagi, sebab kita berjalan otonom, tidak ada yang menghalangi kita untuk merubah jadwal. Selama kita menikmatinya serta puas dengan pilihan tersebut, then â€Â¦ we are the boss.

Untuk positif membuat rencana prosesi, pelajarilah brosur-brosur atau websites travel agents, tandai tempat-tempat dengan ingin kita kunjungi, lalu carilah di forum-forum cara buat datang ke tempat tersebut tanpa mengikuti paket wisata. Kamu akan terkejut karena akan menemukan jalur-jalur arlternatif atau tempat menginap yang jauh lebih murah dengan ditawarkan di brosur.

GPS dan koneksi internet

Jika anda bepergian ke luar negeri, sebelum keberangkatan carilah informasi tentang lokal sim card dan paket datanya. Jika kita punya koneksi internet dan GPS, perjalanan bakal mulus, seperti mempunyai tour guide dalam genggaman. Sekarang ini semakin banyak provider dengan menyediakan “tourist package” yang menyediakan sim card perdana dan paket data dengan relatif murah. Tidak lupa power bank harus terus terisi dan adaptor colokan listrik universal mesti kita miliki.

Peta yang baik adalah teman yang indah

Terkadang akses ke GPS tidak tersedia atau tidak memadai. Maka di tatkala inilah peta bakal menjadi andalan utama kita. Orang Indonesia cenderung buta haluan mata angin dan tidak bisa membaca peta. Penjelasan haluan seperti “berjalanlah ke arah selatan”, ataupun “gedung tersebut terletak di sisi tenggara” akan membingungkan kita. Saya termasuk khilaf satunya. Tapi hobi jalan-jalan membuat saya terpaksa belajar membaca peta dan memandang lansekap dengan frame arah mata udara. Paling tidak 8 penjuru arah pacar angin sekunder kudu kita kuasai. Karena kalau tidak, prosesi wisata tanpa guide anda akan oleh sebab itu bencana.



Peta dengan bagus dinilai daripada fisik dan materi isinya. Dimana memperoleh peta yang mudah tapi jelas juga tidak mudah lecek? Umumnya yang dibeli lebih bagus daripada yang gratis diantaranya dari tempat-tempat info wisata di bandara. Peta wisata juga bisa berbeda-beda fokusnya, tergantung penerbitnya. Pilihlah yang sesuai objective perjalanan kita.

referensi:
http://www.travelsurabayamalang.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar