Rabu, 01 April 2015

Tips Menyingkirkan Tikus Pada Rumah

Sebenarnya seringkali saya menemui risiko berenuk berjatuhan di jalanan menuju ropak-rapik, hanya tak sempat tahu apa namanya. Ketika mendapati sekeranjang penuh buah dengan sepintas mirip ‘buah maja’ ini segar tahulah saya jika ini adalah risiko dari sejenis tumbuhan perdu yang berpanggilan ilmiah sangat cantik, Crescentia Cujete.
Pohon berenuk sering ditanam orang sebagai tanaman hias. Orang menyebutnya sebagai tanaman pagar. Bentuk pohonnya yang unik dan buahnya dengan kilap dan putus menjadikan jenis ini jadi tanaman pilihan di kelas-kelas perumahan. Buah dan peparu berenuk sendiri sepatutnya mengandung banyak moral yang berkhasiat. Sayangnya tak banyak orang terbuka sehingga buah berikut banyak yang mengecewakan terlindas kendaraan pada hampir sepanjang pengembaraan pulang-balik saya menuju kantor.
Tadinya sama beberapa teman Cara mengusir tikus di rumah, buah berenuk dikumpulkan serupa satu bahan pembentuk percobaan bubur kertas. Namun karena sisa buah begitu besar akhirnya tergeletak begitu saja di dalam ruangan. Sampai satu orang sikap bahwa buah ini berkhasiat untuk menolak tikus, barulah semata berebut mendapatkannya (termasuk saya).
Pemakaian untuk pestisida untuk menolak tikus adalah beserta cara dipotong renik dan disebarkan di beberapa titik lokasi tikus selalu membuka. Berhubung buah luar biasa keras dan bergetah (meski sedikit), aku memilih hanya meletakkannya begitu saja di bagian dapur dan sendi rumah, dua lokasi itu yang seringkali dilalui tikus. Sehari meletakkan buah berenuk di sana, bukan lagi saya menurut bunyi krasak kresek di dapur. Juga saat menikmati magrib di teras pula biar tak lagi aku melihat tikus sliweran riwa-riwi dari kolong pot-pot bunga. Meski buah tidak bersamaan dalam indera penciuman manusia, namun tak demikian halnya dengan penciuman tikus. Tikus sangat membenci raksi buahnya yang mengantup sehingga cenderung memilih2x untuk menghindarinya (dalam hal ini kelanjutan tidak bersifat membantai, tapi mengusir). Karena bersifat racun (meski rendah kadarnya), sepatutnya saat menabur cacahan berenuk di tempat-tempat yang tidak dilalui hewan lain seperti mandung atau itik.

Untuk beberapa anda secara punya masalah dgn tikus di bait, kalau nanti surat keterangan jalan-jalan dan medapati buah ‘maja belanda’ ini jangan dianggurin ya. Ambil dan uji di griya anda. Biar membenang nggak was-was terus karena panci dan penggorengan yang lalu lalang terbalik karena sikap si tikus nista, sebar buahnya pada beberapa sudut yang sering dilaluinya. Moga saat buah disebar, tikusnya masih tetep nggak pinter & gak lagi pake masker. Dicoba ya.

referensi:
http://mautau.co/2014/07/12/cara-unik-mengusir-tikus-di-rumah-praktis-dan-terbukti-ampuh/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tikus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar