Kamis, 18 Juni 2020

Ketahui Arti Doa Sebelum Tidur Dalam Islam


Tidur ialah aktivitas yang Kita lakukan untuk mengembalikan tenaga dalam tubuh. Sesudah lelah seharian berkesibukan tidur menjadi salah satu metode untuk membikin tubuh segar kembali dan siap berkesibukan lagi keesokan harinya. Kali ini Kita akan membahas tentang doa sebelum tidur. Masing-masing agama memiliki doa tersendiri yang dibaca sebelum tidur. Apa sebetulnya makna dari membaca doa sebelum Kita tidur? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dalam tulisan berikut akan dibahas seputar doa yang ada dalam agama Islam. Kenapa Kita berdoa sebelum tidur merupakan agar supaya Kita siap untuk menghadapi situasi apa pun setelah tertidur nanti. Dalam Islam ada beberapa sopan santun sebelum tidur, diantaranya bersuci khususnya dahulu, menghadap ke arah kiblat dan berdoa. Hal itu dijalankan agar supaya bila rupanya Kita dicabut nyawanya dikala situasi tidur maka Kita sudah dalam kondisi suci dan telah berdoa berserah diri pada Allah.

Suara doa sebelum tidur menurut ajaran Islam yaitu Bismika Allahumma Ahya Wa Amuut yang artinya Dengan NamaMu Ya Allah Aku hidup dan Dengan NamaMu aku mati. Itu ialah sebuah hadis riwayat dari Bukhari Muslim. Doa hal yang demikian telah diajarkan pada umat Muslim sejak masa kanak-kanak sehingga sangat melekat di pikiran mereka.

Doa dibaca dikala Kita bersiap untuk tidur dimana bisa terjadi apa saja yang sebelumnya tidak pernah Kita pikirkan ketika tertidur. Ada sebagian makna yang ada dibalik membaca doa sebelum Kita tidur. Sesudah pertama ialah untuk menghayati makna kehidupan dan kematian dalam Islam. Bahwa hidup dan mati dapat terjadi kapan saja tanpa bisa Kita prediksi kapan kedatangannya. Untuk itulah Kita sepatutnya selalu siap sedia untuk menghadapi kondisi tersebut datang pada Kita.

Makna yang kedua yaitu untuk belajar memasrahkan segala hal pada Allah sesudah Kita berusaha yang terbaik dalam hidup. Bahwa seluruh yang terjadi dalam hidup seharusnya Kita serahkan hasil dan ketetapannya pada Goodtizen . Tentunya dengan catatan, bahwa Kita telah berupaya semaksimal mungkin untuk berupaya membikin semua urusan Kita tercapai akibatnya. Setelah Kita berpasrah dan berserah diri karenanya apa malahan akhirnya pasti konsisten membuat Kita berterima kasih pada ketentuan Allah SWT.

Makna dari membaca doa sebelum Kita tidur terbukti amat luas. Sesudah sayangnya banyak yang melupakan pembacaan doa ini sebelum mereka tidur. Banyak dari Kita yang kadang kala saking lelahnya segera tertidur demikian itu tubuh meraba daerah tidur. Dengan semacam itu Kita tidur tanpa melakukan persiapan rohani terpenting dahulu.

Setelah uraian panjang lebar di atas, semoga sesudah ini Kita menjadi lebih menyadari apa makna dan pentingnya membaca doa sebelum Kita tidur sehingga tak lupa untuk membacanya rutin tiap-tiap malam sebelum Kita tidur. bila memungkinkan iringi bacaan doa sebelum tidur dengan bacaan dzikir hingga Kita tertidur pulas. Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://www.goodthreadsllc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar