Senin, 30 Maret 2020

Motif Batik di Indonesia


Batik menjadi salah satu corak khas Indonesia, malahan corak ini telah ada semenjak dulu. Jikalau mendengar kata batik sudah tentu Indonesia yang terlintas di benak kita segala. Segala kota yang ada di Indonesia mempunyai motif batik yang berbeda-beda. Tak cuma di pulau Jawa, pulau seperti Kalimantan dan Sumatera malah pulau lainnya juga memiliki corak batik yang berbeda-beda. kalian bisa membaca beberapa berita menarik lainnya melewati bergaya.id. Berikut akan diulas mengenai beberapa motif batik yang ada di Indonesia.

Motif batik yang pertama yang mesti kalian kenal ialah kotif batik dari Kalimantan. Motif batik Kalimantan ini menjadi salah satu motif yang berbeda dengan kota lainnya. Kalimantan memiliki motif garis yang tegas dan juga garis yang tebal. https://bergaya.id yang sang cantik menjadi salah satu batik yang betul-betul baik. Motif yang berikutnya ialah motif Kamboja dari Bali, motif ini adalah salah satu motif yang memang banyak ditemukan di Bali. Batik Bali ini juga tenar dengan keindahannya.

Motif batik yang berikutnya yang ada di Indonesia yakni motif mega mendung dari kota Cirebon. Motif ini menjadi salah satu motif yang berbeda dari kota lainnya. Motif dari kota Cirebon ini mengadaptasi dari China. Motif bergaya selanjutnya ialah motif batik dari kota Solo. Solo menjadi salah satu pusat produksi batik yang ada Indonesia secara khusus Jawa Tengah. Ciri khas batik dari kota Solo ini juga yakni mempunyai warna yang cenderung gelap dengan motif yang juga masih mengadaptasi dari estetika alam di sekitarnya.

Motif batik yang selanjutnya ialah motif batik dari kota Pekalongan. Kecuali kota Solo, Pekalongan juga menjadi salah satu sentra penghasil kain batik yang ada di Jawa Tengah. Batik Pekalongan ini memiliki warna kain yang cenderung lebih jelas adalah warna - warna seperti biru dan juga merah. Batik pekalongan ini juga memiliki ciri khas kain dasar dengan motif yang polos sehingga corak yang diwujudkan menjadi lebih kelihatan dari batik lainnya. Motif batik yang selanjutnya yaitu batik dari Kota Aceh. Kota Aceh ini juga mengadaptasi dari keindahan alam yang dimilikinya.

Motif seperti burung yang berjambul dan tumbuhan di sekitarnya menjadi motif andalan dari kota Aceh. Banyak sekali keindahan yang dapat dinikmati dari batik kota ini. Batik yang berikutnya merupakan batik yang berasal dari kota Palembang. Kota Palembang biasanya familiar dengan motif songketnya tetapi terbukti tidak hanya itu Palembang juga mempunyai motif batik yang lainnya seperti motif sisik ikan dan juga motif jumputan khas dari kota Palembang. Kalian bisa bergaya dengan batik ini. Nah itulah tadi sebagian motif kain di Indonesia. Ada lebih banyak lagi motif batik yang ada di Indonesia selain review di atas.

Sumber :
https://bergaya.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar