Senin, 09 Maret 2020

Mengenal Visi Operasi Pesantren Tahfidz Alquran


Kira Anda yang ingin membangun sebuah saung pesantren tahfidz Quran tentunya ingin mengarifi, apa saja yang harus ada dalam program pondok pesantren yang memiliki teras untuk membina para santri untuk dapat menghafalkan ayat Quran sebanyak 30 perkara dalam kurun waktu tertentu. Memang ada tidak sedikit hal yang harus dipersiapkan untuk bisa membangun pondok beserta program khusus semacam itu.

Berikut ini Kita susun beberapa hal yang sekiranya diperlukan dalam program saung pesantren khusus untuk tahfidz Quran yang mungkin akan Anda butuhkan. Yang pertama adalah mengenai apa-apa saja yang ada dalam komponen agenda tahfidz Quran. Jika terdapat beberapa unsur utama yang harus ada sebelum pesantren pesantren tersebut dioperasionalkan.

Komponen yang baru adalah komponen perlengkapan. https://tahfidz.id hal ini yang disebut tumpuan adalah tempat atau lokasi untuk getah perca santri melakukan aktivitasnya. Baik dalam tujuan untuk menghafal butir al-quran, memperoleh tuntunan lainnya, bermukim sampai melakukan kegiatan pondok lainnya. Sarana menyimpangkan tidak harus tersedia secara memadai serasi dengan jumlah santri yang ada.

Lalu komponen yang ke-2 dalam pondok pesantren tahfidz Quran ialah pra sarana. Untuk komponen pra perlengkapan mencakup beberapa instrumen pendukung untuk membantu berjalannya program pesantren dengan baik. Diantaranya misalnya pra sarana seperti meja serta kursi untuk mencari ilmu santri, al-quran serta berbagai kitab untuk menunjang pembelajaran santri, kamar tidur yang maksimum lengkap dengan perlengkapannya dan lain sebagainya. Beberapa pra perlengkapan bisa santri angkat sendiri seperti misalnya kasur, lemari & lainnya sehingga beban pondok untuk pengadaan pra sarana tak begitu berat.

Selanjutnya adalah untuk segi tenaga pengajar. Usaha pengajar disini terbuka menjadi ustad / guru laki-laki dan ustadzah atau inang perempuan. Terdapat penyisihan khusus untuk para ustad ustadzah yang akan memberikan pengajarannya di pondok ini. Diantaranya adalah diutamakan memiliki status suami istri yang dua-duanya adalah penghafal al-quran. Hal ini hendak mempermudah berjalannya reaksi pembelajaran santri di pondok.

Karena sesuai yang Kita ketahui, pondok pesantren punya sistem asrama yang terpisah sehingga akan lebih mudah pemantauannya jika ustad serta ustadzahnya juga bermukim di wilayah saung dengan sah. Penyisihan selanjutnya adalah mampu mengajarkan pendidikan & nilai agama yang tak bertentangan secara Al-Quran dan hadis. Mereka juga mesti memiliki sikap yang komunikatif dengan karet santri sehingga diharapkan bisa mengayomi tersebut dengan lebih cantik.

Komponen yang terakhir adalah santri. Untuk menjadi santri pula biar ada syarat khususnya diantaranya adalah sudah biasa lancar membaca Al-Quran dengan fasih dan benar, memiliki pedoman dan tekad yang kuat, memiliki moral mulia dan beres untuk dibina. & beberapa pondok lebih mengutamakan penerimaan santri yang berasal daripada lingkungan sekitar pesantren agar manfaat pondok benar-benar diterima sambil lingkungan terdekat terlebih dahulu. Sekian uraian singkat mengenai beberapa komponen yang tersedia dalam pesantren tahfidz Quran.

Sumber :
https://tahfidz.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar