Jumat, 14 Februari 2020

Kisah Peneliti Muda Akar Bajakah


Beberapa waktu lalu, akar bajakah banyak diperbincangkan oleh khalayak umum. Berkat penemuan kreatif beberapa peneliti muda berkaitan khasiat akar bajakah yang bisa diaplikasikan untuk mengobati kanker, banyak orang yang beratensi untuk mencoba kemanjuran dari akar bajakah. Saat ini juga sudah ada orang yang membuka usaha jual akar bajakah sehingga untuk mendapatkannya tak sulit lagi. Tapi, taukah Anda bahwa akar bajakah ini memiliki beberapa fakta menarik? Berikut beberapa fakta menarik perihal akar bajakah.

Tanaman bajakah sendiri ialah salah satu tipe tanaman yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan Tengah. Tanaman ini hanya bisa ditemukan di daerah hutan yang rimbun dan sedikit terkena sinar matahari. https://www.facebook.com/akarbajakahtunggal.id/ bajakah sendiri berasal dari bahasa Dayak yang berarti “akar-akaran”. Sedangkan mempunyai batang yang kuat, tetapi tanaman ini tumbuh dengan sistem merambat. Tanaman bajakah dapat merambat sampai ketinggian 5 meter. Uniknya, tanaman ini sulit untuk tumbuh dan dikembangbiakkan di tempat lain yang bukan habitat aslinya.

Tanaman bajakah sendiri terdiri dari beberapa tipe yang berbeda. Yang pertama yakni bajakah tampala, yang diandalkan kapabel menyembuhkan kanker. Batang yang mengandung senyawa flavonoid, saponin, tannin dan fenolik cakap menyembuhkan luka secara pesat. Jenis yang kedua merupakan variasi bajakah lamei. Bajakah lamei sendiri tak jarang diminum langsung cairan dari akarnya karena bajakah jenis ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Lalu ragam yang terakhir yaitu bajakah kalalawit. Tipe bajakah ini mengandung antibacterial dan phenol. Selain itu kandungan katekinnya cukup tinggi sehingga bajakah ini dianggap sanggup mencegah sakit jantung, menolong dalam penyusunan kolagen serta bisa mengurangi berat badan.

Banyak yang membuka usaha jual akar bajakah sebab bajakah sendiri memiliki banyak manfaat. Macamnya seperti untuk kesehatan dan juga untuk keperluan yang lainnya. Sebab permintaan akar bajakah sendiri mulai meningkat, selain juga karena dimanfaatkan oleh warga sekitarnya, pohon bajakah sendiri semakin lama jumlahnya semakin sedikit. Hal ini karena memang pohon bajakah sendiri cuma bisa ditanam di habitat aslinya, adalah di hutan lebat di daerah Kalimantan Tengah. Hal yang dikhawatirkan yaitu munculnya eksploitasi hutan secara besar-besaran. Saat hutan telah mulai dibuka dan pohon bajakah mulai ditebang dan diambil batang dan akarnya, yang ditakutkan merupakan semakin berkurangnya jumlah pohon bajakah. Sehingga tak heran seandainya selanjutnya pohon bajakah ini semakin dilindungi oleh pemerintah.

Itulah sebagian fakta yang menarik dari tanaman unik yang satu ini. Banyaknya manfaat serta keunikan dari tanaman khas Indonesia inilah yang membikin banyak yang tertarik untuk mencoba tanaman ini. Kalau memang Anda beratensi untuk mencobanya, jangan cemas. Sebab dikala ini sudah banyak yang jual akar bajakah sehingga Anda tak perlu repot dalam mencari tanaman ini.

Sumber :
https://www.facebook.com/akarbajakahtunggal.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar