Kamis, 21 November 2019

Lagu Indonesia Raya Di dalam Tahun 1927

Versi Indonesia Umum adalah ciptaan WR Supratman. Lagu Nusantara Raya pertama-tama dimainkan dengan sangat serius indah di tanggal 28 Oktober 1928 pada daftar Kongres Anak muda di Jakarta. Sejak versi Indonesia Awam pertama kali disebarluaskan oleh tebaran Sin Po pada kalendar November 1928, mulai banyak masyarakat kalian mencari mengetahui not versi Indonesia Awam untuk dialunkan sendiri pada rumah dengan segala spesies alat musik yang mereka miliki.

Kecuali not lagu Indonesia Awam yang sangat indah, Versi Indonesia Umum sendiri memiliki banyak sekali sesuatu menarik yang tersimpan. Segala sesuatu saja hal menarik itu? Beriku adalah beberapa keaslian menarik dari Lagu Nusantara Raya perbuatan WR Supratman.

Image result for indonesia raya

Satu tahun sebelum dipublikasi di Konvensi Pemuda dalam Jakarta, versi Indonesia Awam yang makbul ternyata siap Anda dengarkan versi aslinya di Youtube dengan kop pencarian “Indonesia Raya 1927”. Tampak video diawali secara adegan seorang bocah perwira memutar diskus hitam & lantunan tolok ukur Indonesia Umum.

Ada yang pernah mendengar nama Yo Kim Tjan? Yo Kim Tjan merupakan seorang sahabat karib daripada WR Supratman yang di tahun 1927 diberi kepercayaan untuk sehat WR Supratman marekna versi Indonesia Raya. Disaat pencedok perusahaan perekaman lain tiada yang berani merekamkan versi ini sebab takut tersua oleh not angka lagu indonesia raya , Yo Kim Tjan yang pada tatkala itu sebagai pemilik toko rekaman NV Populair serta juga di dalam saat itu dikenal serupa pendiri bioskop Ledo dan Bioskop Roxy bersedia dengan senang menawan hati merekamkan lagu karya temannya itu.

Di Jl. Gunung Sahari, Batavia YKT mengusulkan WR Supratman agar lagunya dibuat ke dalam dua versi, yaitu versi keroncong dan satunya lagi versi asli WR Supratman bernyanyi sambil memainkan not lagu Indonesia Raya asli secara menggunakan biola.

Setahun sehabis perekaman, barulah Surat Kabar SINPO, tempat WR Supratman hidup sebagai wartawan lepas menyebarluaskan naskah lirik lagu Nusantara Raya terhadap seluruh warga Indonesia.

referensi:
https://www.notlagu.xyz/2018/10/indonesia-raya-wr-supratman.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar