Rabu, 27 Februari 2019

Kepentingan Minyak Kelapa Sawit Bagi Kesehatan

Indonesia ialah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang amat tinggi. Hal itu menonjol jelas dengan tumbuhnya bermacam ragam flora yang ada di Indonesia. Salah satu keunggulan flora di Indonesia merupakan kelapa sawit. Tumbuhan ini banyak di taman di Pulau Kalimantan. Masyarakat Kalimantan banyak yang bekerja sebagai petani sawit sebab memang harga jualnya yang cukup tinggi. Malah para pekerja dari luar pulau juga banyak yang memilih Kalimantan sebagai tempat tujuan untuk mencari nafkah dengan menjadi petani sawit. 

Buah sawit pada umumnya diolah menjadi minyak sawit. Minyak sawit cukup terkenal dapat menjaga kelembapan kulit. Melainkan, minyak sawit tak jarang dipakai untuk memasak. Tahukah Anda manfaat minyak sawit bagi kesehatan? 

Manfaat pertama dari minyak kelapa sawit bagi kesehatan adalah sebagai sumber tenaga. Sumber tenaga dalam tubuh yang paling utama yakni karbohidrat yang diperoleh dari beras, jagung dan ubi-ubian. Kecuali karbohidrat, sumber energi tubuh yang lain yaitu lemak. Minyak sawit memiliki kandungan lemak yang dapat digunakan sebagai daya cadangan. 

Manfaat kedua merupakan menjaga kesehatan mata. Minyak sawit mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini akan menjaga tubuh dari radikal-radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan mata. Kecuali itu, minyak sawit juga bisa mencegah katarak.

Manfaat yang ketiga yaitu mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang timbul akibat pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Minyak sawit mengandung tokoferol yang dapat pemupukan kelapa sawitmencegah mutasi sel yang bisa menjadi sel kanker. 

Manfaat yang keempat yaitu meningkatkan metode kekebalan tubuh. Minyak sawit mengandung vitamin A, D, dan E yang bisa meningkatkan tenaga tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan kebal dari berjenis-jenis serangan penyakit. 

Manfaat yang terakhir dari minyak kelapa sawit yakni mencegah penyakit stroke. Stroke ialah penyakit degeneratif yang setiap tahun kian meningkat prevalensi penderitanya. Stroke menduduki peringkat ketiga penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit ini dapat dipicu sebab kadar kolesterol dalam darah yang amat tinggi. Minyak sawit mengandung lemak baik yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

referensi:
https://www.susunbentangalam.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_sawit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar