Senin, 26 November 2018

Jenis Kaligrafi yang Harus Dikuasai Pemula

Kaligrafi yaitu seni melukis huruf arab atau hijaiyah dengan berbagai hiasan yang menarik dan diciptakan seindah mungkin. Jasa kaligrafi saat ini telah banyak berkembang seiring banyaknya mesjid yang dibangun, lebih-lebih di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa kaligrafi juga memiliki pelbagai variasi yang tak sedikit. Berikut akan kami jelaskan macam-macam kaligrafi secara biasa.

Pertama, ada variasi kaligrafi kufi, berasal dari nama kota yang ada di Irak yakni kota Kufah. Kota ini dibangun oleh seorang khalifah khulafaur rasyidin ialah Umar bin Khattab. Kaligrafi kufi yakni jenis yang paling tua yang dikenal dalam Islam. Ciri-ciri dari kaligrafi kufi ini yakni bentuknya yang kaku dengan sudut yang runcing sebab memang dulunya kaligrafi ini ditulis diatas tulang, batuan, atau pelepah kurma. Dikala ini, di dalam kaligrafi masjid Anda bisa menemukan bentuk kufi dengan desain yang berjenis-jenis dan sudah dikembangkan.

Kedua, naskhi yang berarti naskah. Kaligrafi ini mulai berkembang pada tahun 5 Hijriyah mengiringi penulisan naskah al-Quran yang ketika itu penulisan bentuk ini banyak digunakan dalam penulisan buku serta mushaf al-Quran. Ciri pada kaligrafi naskhi yaitu bentuknya lentur dan mudah dibaca, Anda bisa menemukan kaligrafi ini di berbagai kitab al-Quran serta kaligrafi masjid. Umumnya kaligrafi ini yakni dasar untuk pemula yang berkeinginan merajai bidang penulisan https://Kaligrafer.com/ kaligrafi. Oleh sebab itu, butuh ketekunan untuk merajai artikel naskhi ini.

6628166840100033130.jpg

Lalu yang ketiga ialah ragam kaligrafi Farisi atau dapat disebut nastaliq. Disebut farisi sebab kaligrafi ini dulu muncul dan berkembang populer di negara Farsi (Persia). Meskipun disebut taliq sebab artikelnya diwujudkan miring seperti artikel catatan kaki. Kecuali itu disebut nastaliq sebab artikel ini fungsinya merupakan sebagai artikel standar bagi buku-buku pengetahuan. Sehingga nastaliq ialah gabungan dari naskhi dan taliq.

6628166849830825812.jpg

Demikian penjelasan mengenai variasi-ragam kaligrafi yang secara biasa diterapkan sampai saat ini. sesungguhnya masih banyak sekali jenis-tipe kaligrafi lainnya. Tetapi, macam diatas yaitu format yang sungguh-sungguh sederhana untuk memulai mempelajari kaligrafi. Apalagi sekiranya Anda berharap memulai usaha dengan membuka jasa kaligrafi, jenis diatas yaitu yang paling permulaan untuk Anda kuasai.

referensi:
https://Kaligrafer.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar