Kamis, 30 Juli 2020

Hadits Seputar Keutamaan Tata yang Bagus


Islam yaitu agama yang senantiasa mengajari kepada pemeluknya untuk memiliki akhlakul karimah atau moral yang baik. Oleh karena itu, menjadi seorang muslim seharusnya senantiasa membetulkan budi pekerti tiap waktu sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih bagus. Hal ini juga adalah keutamaan yang sangat luar lazim karena tercantum dalam Alquran dan Hadits. Hadits perihal akhlak sepatutnya dipahami dengan baik sebab hal tersebut sesuai dengan apa yang diteladankan oleh Rasulullah. Mempunyai adab yang mulia tentu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali keutamaan yang dapat diperoleh.

Perlu diketahui bahwa memiliki akhlak yang mulia dan luhur adalah salah satu estetika dari ajaran agama Islam. Dalam kata lain, Islam melarang pemeluknya untuk mempertahankan budi pekerti yang buruk pada diri mereka. Memiliki akhlak yang mulia dapat menghasilkan manusia lebih terpandang karena akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam berjenis-jenis hal. Tak heran seandainya etika yang luhur merupakan perkara yang sungguh-sungguh ditekankan dalam agama Islam.

Kecuali itu, moral yang bagus juga ialah hiasan yang total yang sangat diperhatikan oleh Allah ta\'ala. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mencintai umatnya yang senantiasa memperbaiki akhlak sehingga bagus dalam memperlakukan sesama. Bagi para umat Islam karenanya perlu mengenal kumpulan hadits seputar moral sehingga bisa menjadi pertanda. Dengan mengenal sumber dasar undang-undangnya maka akan lebih memantapkan hati untuk senantiasa mempunyai adab yang bagus. Bila mempunyai adab yang baik maka akan tampak kesempurnaan serta ketinggian agama Islam dimana Islam ialah agama yang indah dan total bagus dari sisi moral, akhlak, aqidah, dan ibadah.

Keutamaan lainnya dari budi pekerti yang luhur ialah dapat lebih yakin untuk memperkuat ilmu akidah dan keimanan. Bagaimanapun juga ilmu aqidah dan iman akan berbanding lurus dengan tata krama. Jadi, semakin bertambah ilmu akidah dan keimanan seseorang, maka idealnya semakin luhur pula akhlak yang dimilikinya.

Hadist tentang akhlak dan penjelasannya yang baik juga dapat mengkoreksi hubungan dengan Allah, relasi dengan sesama manusia, dan hubungan dengan alam. Setiap menjalankan segala sesuatu pasti akan senantiasa berhati-hati sebab dengan adab yang baik karenanya akan senantiasa memastikan mana yang bagus dan mana yang buruk dikala akan mengerjakan sesuatu, termasuk dalam memperlakukan orang lain, lingkungan sekitar, malahan saat sedang sendiri. Jika kaum muslimin selalu memiliki adab yang luhur serta menunaikan hak-hak saudara mereka yang adalah keharusan, karenanya hal hal yang demikian yakni pintu gerbang utama dari agama Islam.

Ada banyak sekali sumber atau dasar hukum Islam Alquran dan Hadits seputar tata krama yang perlu untuk dipahami. Dengan mengetahui dasar regulasinya maka akan lebih mengerti terkait dengan esensi dari apa yang dilakukan. Sebagai umat Islam, karenanya harus terus berusaha untuk bertaqwa, yaitu melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar