Rabu, 10 Oktober 2018

Realitas Hallyu / Demam Korea

Hallyu atau Korean Wave yakni fenomena demam Korea yang terjadi hampir di segala dunia. Momen ini merujuk pada kebudayaan Korea Selatan yang mulai populer dan disukai oleh masyarakat dunia. Banyaknya Idol dan pekerja seni bertalenta di sana membuat masyarakat dunia mulai memandang nyanyian dan drama produksi Korea Selatan. Lirik lagu Korea juga mulai banyak dicari tahu oleh mereka yang menyenangi musik Korea. Bahkan ketika ini music Korea Selatan mulai diterima di industri music barat. 

https://www.wowkeren.com/display/images/photo/2018/08/21/00221358.jpg

Di Indonesia sendiri penggemar Korea atau yang lebih tak jarang disebut sebagai K-poper memiliki jumlah yang sangat fantastis. Indonesia menjadi salah satu pasar music dan drama Korea yang amat menjanjikan untuk mereka. Kebanyakan para K-poper masih berusia sungguh-sungguh muda, mulai dari SD lirik lagu blackpink dan sebagian yang telah bekerja. Untuk music Korea sendiri, Indonesia juga memiliki banyak penggemar dari beberapa idol group. Sebagian idol group yang paling terkenal dikala ini yaitu BTS, EXO, dan WANNA ONE. 

Lirik nyanyian Korea dari nyanyian-nyanyian idol group banyak kita temui dengan gampang di internet. Banyak K-poper kreatif yang membuat blog atau akun Youtube yang diterapkan untuk menonjolkan lirik lagu dari idola mereka. Tidak sedikit pula penggemar yang rela menghafal lirik nyanyian dari idola Korea mereka. Sejak fenomena demam Korea mulai merambat ke Indonesia, tradisi Korea juga mulai dicontoh oleh para K-poper. 

Istiadat, adat istiadat, dan style orang Korea mulai ditiru oleh banyak penggemar. Idol Korea selatan walaupun benar-benar mencontoh isu terkini terupdate, mereka tidak lupa dengan kebudayaan mereka. Mereka juga berbangga dengan kebudayaan mereka dan tak malu untuk mengenalkannya ke masyarakat di berjenis-jenis belahan dunia. 

6610283002851499570.jpg

Pun tersebut bisa dilihat dari mayoritas nyanyian idol Korea yang masih konsisten memakai bahasa mereka sendiri. Meski bahasa inggris ialah bahasa internasional, mayoritas lirik lagu Korea dalam karya mereka masih konsisten menggunakan bahasa Korea. Bahkan demikian tentu saja menjadi bukti alangkah mereka betul-betul bangga dengan bahasa yang mereka miliki. Malah dikala ini mereka berhasil membuat para penggemar dengan menyukai rela mempelajari bahasa Korea. 

referensi:
http://sinkpop.blogspot.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar