Kamis, 04 Oktober 2018

Biografi Sosiolog Charles Wright Mills

Ada cukup banyak tokoh dunia yang diketahui di kalangan masyarakat, salah satunya merupakan Charles Wright Mills. Dia yaitu seorang tokoh sosiologi yang mempelopori teori Khayalan Sosiologi. Berikut ini akan diterangkan mengenai biografi tokoh dunia yang mana pemikirannya amat penting untuk perkembangan ilmu sosial. Perjalanan hidup Mills benar-benar berkelok sampai dia dikenal oleh dunia. 

Charles Wright Mills lahir di Waco Texas pada tanggal 28 Agustus 1961. Pekerjaan ayahnya merupakan pekerja kerah putih atau lebih acap kali disebut sebagai perantara asuransi. Sementara itu, ibunya hanyalah sebagai ibu rumah tangga awam. Mills dan keluarganya dikelompokkan sebagai keluarga kelas menengah dan mereka memeluk agama Katholik Roma dari keturunan Inggris Irlandia. Keluarganya hidup dengan bermigrasi-pindah dari satu daerah ke tempat yang lainnya di Texas. Hal ini membuat Mills senantiasa jauh dengan ayahnya dan seakan hidup dalam kesendirian. 

Semasa hidupnya, Mills selalu menempuh pendidikan di sebagian tempat hingga ia dapat berhasil dengan gelar sarjana dan magisternya. Buku-buku karyanya yang berhasil diterbitkan dan ialah buku utama dari Mills, dan ini mencerminkan politik radikalnya atau kelemahannya dalam teori-teori Maxian. Buku pertama yakni White Collar (1951) yang berisi perihal kritik yang tajam terhadap kasus status klasifikasi kerja yang sedang berkembang, yaitu broker asuransi. 

6607672795483539348.jpg

Kedua merupakan buku biografipedia The Power Elite (1956), adalah buku yang berusaha untuk memperlihatkan bahwa Amerika sebenarnya didominasi oleh kelompok kecil pengusaha politisi serta pimpinan tentara. Sikap Mills yang radikal ini membuatnya ditempatkan di pinggiran sosiologi Amerika. Lalu dia menjadi bidikan sasaran beraneka kritik, meski ia sendiri adalah seorang kritikus sosiologi yang keras. Mills meninggal di Nyack, New York, pada 20 Maret 1962. Biografi tokoh dunia ini cukup banyak menarik orang-orang. 

6607672801688314846.jpg

Perjalanan hidup Mills sebagai seorang sosiolog cukuplah kontroversial. Dan bisa dilihat di beberapa buku Mills, bahwa dia adalah seseorang yang bisa dikatakan aneh, karena dia melakukan tiga kali pernikahan dengan seorang si kecil dari setiap pernikahan itu. Dia juga betul-betul menyukai bentrok dengan siapa pun, malah dengan masyarakat yang luas di Amerika. Seperti yang diriwayatkan di dalam buku George Ritzer bahwasanya barangkali yang paling kelihatan yakni fakta bahwa saat Mills mengunjungi Uni Soviet dan dihormati sebagai kritikus masyarakat utama. Demikianlah biografi tokoh dunia C. Wright Mills.

referensi:
https://www.biografipedia.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar