Senin, 15 Oktober 2018

Beberapa macam Pantun Yang Terkenal

Pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kita mengetahui adanya tipe pantun beserta ciri-cirinya dan contohnya. Pantun ini umumnya ada di segala tingkatan kelas adalah dari kelas 1 hingga dengan kelas 6 dan dari tingkatan SD sampai dengan SMA pun sampai Mahasiswa sekalipun apabila memang mengambil kuliah jurusan Sastra Bahasa Indonesia dan sejenisnya yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Contoh pantun lucu terlengkap juga ada dan diketahui oleh si kecil-si kecil seluruh tingkatan kelas dan jenjang sekolah.
6612134662340902888.jpg

Sebab pembelajaran Bahasa Indonesia ialah pelajaran yang semestinya dipelajari oleh buah hati sekolah, hal tersebut berhubungan dengan bahasa nasional yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dan yaitu bahasa sehari-hari untuk berinteraksi sesama manusia. Apabila seseorang memakai bahasa Indonesia yang bagus dan benar saat sedang berbicara dengan lawan bicaranya karenanya akan jauh lebih mudah dimengerti maksud dan tujuan dari pembicaraan tersebut.

https://sharingkali.com/wp-content/uploads/2017/08/contoh-pantun-romantis-1.jpg

Pantun sendiri merupakan sastra yang memang selalu hadir pada mata pembelajaran bahasa Indonesia untuk si kecil sekolah pantun mempunyai banyak variasi, diantaranya merupakan: pantun jenaka, pantun agama, pantun lucu, pantun nasihat, pantun cinta, pantun teka-teki, dan sebagainya. Tiap pantun memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan mempunyai tujuan serta maksud untuk disajikan kepada pembaca yang tentunya berbeda dengan pantun lainnya. Membikin lantun tak semudah membuat tulisan awam perlu adanya inspirasi-inspirasi yang unik untuk ditulis yang kemudian akan dibaca oleh orang https://hobipantun.blogspot.com/2018/05/terlengkap-250-contoh-pantun-nasehat.html lain.

Teladan pantun lucu terlengkap yang kerap kali timbul dan tidak asing lagi bagi si kecil-naka dan dunia pengajaran adalah pantun dari pengarang Chairil Anwar dan Taufik Ismail tenar dengan pantun bimbingan dan jenaka namun mereka juga pernah menulis pantun lucu. Pantun terdiri dari empat bait dan tiap bait terdiri dari empat baris. Baris pertama dan kedua merupakan lampiran atau pembuka sedangkan bait ketiga dan keempat adalah isi dari pantun tersebut.


Tanpa terkecuali dengan figur pantun lucu terlengkap, seluruh pantun terdiri dari empat bait, satu bait terdiri atas empat baris, bait pertama dan kedua merupakan lampiran dan bait ketiga dan keempat adalah isi dan maksud yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pantun memang tak menjenuhkan karena berbeda dengan artikel yang lainnya. Cukup unik dan singkat namun mempunyai maksud dan isi yang mendalam bagi pembaca

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar