Sabtu, 08 September 2018

Pengrajin Jepara Penetap Tercapainya Ekspor Fantastis

Banyak lagak jenis kerangka ukiran yang menghiasi furnitur yang siap kita pandang di dalam sejumlah toko perangkat di sudut-sudut kota tempat kita tinggal. Salah satunya adalah ukiran di furnitur Jepara yang tomong kisah cerita asal usulnya bermula atas perjalanan tampak seorang pengukir dan pelukis asal negara Majapahit bernama Prabangkara yang terdampar pada tanah Jepara Mebel Jati karena melarikan diri dari keserakahan Raja Brawijaya.

Untuk menutupi jejaknya, artis ini lalu mengajarkan semua rakyat Jepara seni ukir serta pahat yang kemahirannya hampir menyamainya. Saking banyaknya pengrajin yang sanggup menghasilkan terbitan ukir yang kualitas seninya menyamai dirinya, sang Baginda yang tambah terus menguntit seniman yang dianggap berkhianat karena dituduh telah melihat sang piadah tanpa pakaian secara refleks, merasa keresahan dan hasilnya tidak sempat dapat medapati jejak pengukir itu pun.

6598466850064315078.jpg

Terlepas atas benar tidaknya dongeng kaum yang langsung berkembang turun temurun tersebut, ukiran Jepara yang berseni klasik tinggi tetaplah sebagai kebanggaan yang patut dilestarikan. Beruntunglah kalian kepada getah perca pengrajin Jepara yang tunak dan terus bertahan menghasilkan karya seni ukir kelas utama yang kini telah berlipat dalam penggunaan produk berupa bentuk patung, sketsa pahat, serta juga furnitur Jepara.

Plus diceritakan agaknya bahwa reaksi dari siaran tersebut lalu berkembang memerankan sebuah kaul bahwa kesalahpahaman yang berlangsung antara Prabangkara dan Adipati Brawijaya ini ternyata berbuah keberkahan terbelah bagi kelompok Jepara yang kebanyakan pada saat ini tinggal papar Gunung yang kini dinamakan Mulyoharjo. Karet warga yang menjadi pengrajin banyak menjadi panggilan dr kerajaan-kerajaan unik untuk membuat pahatan pada ukiran-ukiran menawan dan meraih bayaran yang sangat tinggi atas dampak karyanya.

6598466853552954798.jpg

Waktu ini, kemahiran pengrajin Jepara interior menghasilkan produk-produk furnitur pada ukiran Jeparanya yang spesifik dan bermutu tinggi, menciptakan Jepara memerankan ikon penghasil furnitur Jepara nomor satu dengan karya ukir klasik yang melegenda dr Indonesia. Terutama kemasyhurannya sudah sampai ke negeri orang & sudah meraup penggemarnya seorang diri di luar negeri. Serta sebagai orang2 Indonesia, bettor patut berbangga dengan peradaban nusantara yang sangat makmur ini.

referensi:
https://www.karyafurniturejepara.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Mebel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar