Rabu, 08 Agustus 2018

Mudahnya Membuat Makanan Khas Kota Malang Sempol Ayam

Bagi mahasiswa, sempol ayam adalah sebuah jajanan yang kerap dibeli. Pasalnya kini penjual sempol ayam sudah semakin banyak dan mereka memasarkannya di sekitaran kampus maupun sekolah. Sedangkan cuma berupa jajanan pinggir jalan, akan namun rasa dari jajan hal yang demikian sangatlah lezat. Sehingga tak heran banyak orang yang merasa ketagihan dan berkeinginan terus membelinya.

Tetapi banyak pula orang yang meragukan kebersihannya. Pasalnya jajanan pinggir jalan itu identik kurang terjaga kebersihannya. Ketimbang Anda merasa ragu untuk membeli karena kebersihan jajannya, akan lebih bagus jikalau Anda mencoba buat sendiri. Untuk membuat jajanan khas Malang tersebut sangatlah gampang. Bahan-bahan yang Anda perlukan bahkan tidak mahal. Sehingga Anda dapat menerima seluruh bahannya di pasar tradisional yang dekat dari rumah.

Berikut ada beberapa tipe bahan yang perlu disiapkan. Pertama, daging ayam yang sudah digiling sebanyak 250 gram. Kedua, bawang putih sebanyak 3 siung, kemudian bawang merah sebanyak t buah, tepung tapioka sebanyak 150 gram, tepung terigu sebanyak 50 gram, telur sebanyak 1 butir, air bening sebanyak 35 ml, lada sebanyak 2 sendok teh, garam sebanyak 1 sendok teh, gula sebanyak 1 sendok teh, minyak secukupnya untuk menggoreng dan yang terakhir merupakan tikam sate.

Bahan-bahan yang kami sebutkan di atas ialah bahan dasar untuk membikin sempolnya. Kecuali resep sempol ayam itu Anda malahan membutuhkan bahan untuk celupan. Beberapa bahan celupan yang Anda butuhkan yakni, telur sebanyak 2 butir, air bening sebanyak 50 ml, lada sebanyak ½ sendok teh, garam sebanyak ½ sendok teh. Seandainya segala bahan telah Anda siapkan, karenanya sekarang Anda hanya perlu mengawali langkah-langkah pembuatannya.

6586537012743740304.jpg

Langkah pembuatan yang pertama, Anda wajib menghaluskan ayam yang digiling dengan bawang putih serta bawang merah. Sesudah itu Anda tambahkan tepung tapioka, terigu, lada, gula dan juga garam ke campuran ayam giling yang sedang dihaluskan itu. Setelah itu aduk hingga merata, kemudian lilitkan ke tikam sate. Lakukan langkah ini sampai adonannya habis. Sesudah itu Anda seharusnya merebus sempolnya hingga matang, kemudian angkat dan juga tiriskan. Campurkanlah bahan celupan sampai merata, kemudian gorenglah hingga kecokelatan. Sekian resep sempol ayam khas kota Malang, semoga berguna.

referensi:
https://www.masakanindonesia.net/sempol-ayam/

https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_peliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar