Senin, 13 Agustus 2018

Film India, Tontonan Satu Paket Seni

India, negara yang membuat segala orang tertegun akan tradisi seninya. Seperti tidak ada habis-habisnya menciptakan tulisan seni. Dari mulai film, tari, musik, dan miniatur. Hebatnya, mereka selalu mensuport tradisi di karyanya. Tidak ada satu pula biar film India yang tidak mempertunjukkan tari & lagu India yang sebelah semuanya berisi unsur konvensional, modern, dan klasik. Semuanya seperti tunggal paket yang tidak bisa dipisahkan satu tentu lain.

image
Solek perkembangan zaman industri musik dunia, India telah menyemaikan musik India yang dulu selalu menolong ber-genre klasik tradisional, sekarang bertambah secara gaya segar, yaitu pop dan pop-rock. Rock India sangat beken sebagai rupa musik yang kini menyertai industri subtil di India. Musik interior lagu India kini telah dimodifikasi bersebati dengan musik pop hewan rock tanpa menghilangkan point tradisionalnya. Itulah hebatnya artis India yang tetap mempertahankan gaya musik Hindi serupa induk musiknya walaupun di dalamnya sudah terpadu unsur segar.

Dan entah mana yang lebih lepas, apakah industri film ataukah industri musik India yang mulai bereksplorasi dengan seperti modern, keduanya seperti 2 mata koin yang silih terkait ahad sama lain. Dimana terselip produksi film terbaru, pasti akan terwujud pula musik, tari, hewan lagu paling baru. Keduanya diantaranya sudah harus wajib berjalan beriringan. Itulah India, tiada filmnya yang tanpa versi, tari, & musik.

Bahwa mau dikenal sebagai satu dari satu mana film India yang lagu dan tariannya keren-keren, jelas susah menjawabnya. Malahan problem itu tidak perlu dilontarkan, karena seluruh film India pasti berisi lagu dan tarian yang asyik sekaligus untuk dinikmati. Kalaupun misalkan tidak demikian menyukai galur ceritanya, namun demikian sebagai penikmat lagu & musik India, pastilah wajar setia menonton film hingga selesai.

Oleh karena itu, bagi kamu-kamu yang hobi banget mendengar lagu India, coba deh mulai memahirkan melafalkan dialek India. Download lagu India kalau padahal menyanyikan lirik lagunya, tak akan terdengar langka. Memang agak susah gerangan kalau mesti mengikuti longok lagu yang bahasanya bikin melilit menceletuk orang Nusantara. Tapi bahwa mau mencari ilmu pasti siap.

referensi:
http://lagu-india.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar