Jumat, 13 Juli 2018

Mengenang Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus 1945 yaitu hari yang tak akan pernah terlupakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hari hal yang demikian akan senantiasa dikenang oleh anak cucu dan generasi penerus bangsa karena itu ialah sejarah indonesia hari dimana Indonesia merdeka dari penjajah. Sejarah mencatat bahwa kurang lebih 350 tahun Indonesia dijajah oleh Belanda dan Jepang. Ialah perjalanan yang amat panjang untuk meraih kemerdekaan setelah 3,5 abad. 

Masa penjajahan yaitu sebuah masa yang sungguh-sungguh susah. Seluruh warga Indonesia dipaksa untuk kerja paksa, pembunuhan terjadi dimana-mana malah segala kekayaan alam dirampas oleh bangsa penjajah. Oleh karena itu kita mesti bersyukur dimana ketika ini kita telah dapat menikmati zaman dimana tak ada lagi penjajahan dan merdeka. 

6577314236033136442.png

Meraih kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Dibalik kemerdekaan itu terdapat orang-orang yang rela mengorbankan seluruh hidupnya bagi kemerdekaan bangsa ini. Sejarah Indonesia mencatat ada ratusan pahlawan yang membuat negeri ini mencapai kemerdekaan. Beberapa pahlawan nasional Indonesia yakni Soekarno, Moh. Hatta, Soedirman, Ki Hajar Dewantoro, Kartini, Pattimura, Cut Nyak Dien, Imam Bonjol, Bung Tomo, Ahmad Dahlan, Diponegoro dan Hasyim Asy’ari.

Kedua belas pahlawan diatas yakni pahlawan nasional yang mempunyai pengaruh sungguh-sungguh besar pada kemerdekaan. Atas jasa dan perjuangan merekalah Indonesia saat ini telah merdeka hampir 73 tahun. Oleh sebab itu, sejarah Indonesia menjadi salah satu mata pembelajaran wajib bagi Anak sekolah dasar sampai sekolah menengah. Tujuannya yaitu untuk memberitahukan kepada para generasi penerus bangsa bahwa pengorbanan pahlawan untuk menempuh kemerdekaan ini tidaklah mudah. Sehingga harapannya mereka dapat menjadi orang-orang terbaik untuk mengabdi terhadap negeri ini.

_Bukittinggi

Selain pembelajaran sejarah, salah satu hal yang acap kali dikerjakan untuk mengenang pahlawan yakni upacara. Upacara bendera tiap-tiap hari Senin di sekolah bertujuan untuk selalu mengenang jasa para pahlawan. Walaupun upacara kemerdekaan RI selalu dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus guna mengingat kembali pada tahun 1945 Indonesia sudah merdeka. Untuk itu, bagi Anda yang merasa tidak pernah memperingati hari kemerdekaan, mulailah dari sekarang untuk meniru sebagai upaya mengenang sejarah Indonesia. 

referensi:
https://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar