Minggu, 01 Juli 2018

Bagian & Tujuan Surat Dinas

Dulu saat telepon genggam belum berkembang, masyarakat menjalankan komunikasi jarak jauh dengan sistem berkirim surat. Surat ialah pesan tertulis yang berisi suatu berita yang berharap penulis sampaikan kepada penerima surat. Terdapat ada banyak macam surat, mulai dari surat pribadi, memo, dan surat dinas yang model soal dinas kerap kita temukan ketika berada di sekolah. Tiap-tiap jenis surat tentu saja mempunyai susunan bahasa, struktur, dan wujud yang berbeda meski jenis-ragam surat tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu memperkenalkan kabar. 

Mulai dari surat pribadi dan memo, kedua variasi surat ini sama-sama menggunakan bahasa yang santai dan dialamatkan untuk memberikan kabar pribadi. Perbedaan berlokasi pada struktur surat. Memo umumnya cuma berisi pesan singkat dengan menceritakan nama penerima, dan nama penulis di bagian bawah. Meski untuk surat pribadi terdapat alamat lengkap dari penerima surat, pembuka, isi, dan penutup, yang juga diakhiri dengan nama penulis surat. 

Kemudian, lain halnya dengan surat dinas yang memiliki banyak bagian didalamnya. Fungsi dari surat dinas sendiri http://kumpulancontohsurat.com/contoh-surat-dinas-sekolah-resmi/ dipakai untuk menyampaikan kabar yang lazimnya berhubungan dengan pendidikan, pemerintahan dan pekerjaan. Termasuk salah satu materi Bahasa Indonesia di sekolah, kita mungkin akan berkali-kali membaca contoh surat dinas untuk menghafal bagian surat tersebut. Bagian surat hal yang demikian seharusnya dituliskan dengan lengkap dan mengaplikasikan bahasa yang formal. 

6573122362373426752.jpg

Bagian dari surat dinas yang paling membedakan dengan tipe surat lainnya diantaranya ialah kop surat, nomor surat, dan seputar. Komponen-komponen hal yang demikian terdapat di komponen depan surat dinas. Untuk kop surat, bagian tersebut menonjolkan instansi atau nama perusahaan yang menjadi pengirim dari surat tersebut. Nomor surat menunjukkan secara terperinci nomor surat dinas hal yang demikian. sedangkan seputar merupakan bagian yang berisi hal atau sesuatu yang berkaitan dengan alasan pengiriman surat tersebut. 

6573122442082110656.jpg

Bagi para siswa yang mempelajari materi surat dinas, semestinya banyak-banyak membaca dan memahami teladan surat dinas. Surat pemberitahuan dari sekolah dapat dihasilkan sebagai salah satu model surat dinas yang ideal. Atau mereka juga bisa mengunjungi internet dan mencari bagaimana contoh surat yang bagus. 

referensi:
http://kumpulancontohsurat.com/contoh-surat-dinas-sekolah-resmi/

https://id.wikipedia.org/wiki/Surat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar