Jumat, 08 Juni 2018

Budidaya Ikan Lele Sederhana

Banyak jalan menuju Roma semacam itu salah satu pepatah yang mengajari kita untuk jangan pernah menyerah atas apa yang kita inginkan. Sesudah hal yang demikian berlaku juga bagi kalian yang berkeinginan mengawali budidaya ikan tapi terhambat bermacam-macam jenis hal seperti ketersediaan dana, lahan, modal dan sebagainya. Tenang saja jangan khawatir untuk mengawali budidaya kalian tak memerlukan modal yang besar sebab dengan kolam terpal saja kalian sudah dapat menjalankannya.

Alat Penangkap Ikan tak memiliki terpal kalian dapat menggantinya dengan mengaplikasikan baliho yang telah tak terpakai. Sistem budidaya ini tak jauh berbeda dengan budidaya pada umumnya melainkan yang perlu kalian amati yaitu tipe ikannya. Usahakan untuk memilih ikan air tawar yang tak mempunyai perawatan khusus salah satunya yakni ikan lele.


Langkah pertama untuk budidaya ikan lele ini merupakan persiapkan kolam. Kalian dapat membikin kolam dengan mengaplikasikan penyangga berupa kayu maupun bambu. Usahakan untuk membikin kerangka yang kuat serta menerapkan terpal atau baliho yang tebal. Setelah ini dikerjakan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Langkah kedua yaitu pembibitan, untuk memasukkan bibit juga jangan sembarangan untuk kolam ukuran 2X1 meter bisa diaplikasikan untuk 1000 benih. Kemudian sebelum memasukkan bibit hal yang demikian ke dalam kolam sebaiknya taruh dalam ember dan diamkan selama 30 menit. itu amati air yang ada dalam kolam pantas perkembangan ikan, usahakan untuk selalu menambahkan air kalau kolam sudah mulai menyusut. Air yang terlalu sedikit akan menyebabkan ikan lele mati, usahakan juga untuk menjaga situasi air berwarna hijau karena sungguh-sungguh sesuai untuk lele.

Jangan lupa untuk memberikan makan cocok dengan kebutuhan ikan ialah tiga kali dalam sehari. Waktu yang tepat biasanya pada pagi, petang dan malam hari. Setelah yang perlu diingat jangan memberi makan terlalu banyak sebab bisa menyebabkan kematian pada ikan.

Itulah beberapa cara simpel budidaya ikan lele yang bisa kalian praktekan sendiri. Serta jangan lupa untuk mengontrol hama yang mungkin menyerang dengan memberikan perlindungan ekstra pada ikan lele. Salah satu caranya yakni memberikan pembatas atau atap pada bagian atas kolam.

referensi:
http://perikanan38.blogspot.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar