Sabtu, 30 Juni 2018

Apa Hal itu Koperasi Simpan Meminjam?

Salah satu format usaha yang telah ada di Indonesia semenjak dahulu kala yakni koperasi. Koperasi yakni format usaha yang terkenal pro rakyat dan berbadan aturan. Koperasi familiar dengan asas gotong royong, di mana koperasi dipandang dari sisi gotong royong dan kekeluargaannya demi kesejahteraan bersama para anggotanya. Hal inilah yang menjadi perbedaan antara koperasi dengan badan undang-undang lainnya seperti PT, CV, Firma, ataupun Yayasan. Salah satu dimana yang terpopuler di tengah masyarakat merupakan koperasi simpan pinjam.

http://dkukm.kuningankab.go.id/uploads/contents/2015/03/05/Struktur_Organisasi_DKUKM.png

Prinsip dasar dari koperasi simpan pinjam ialah memiliki member dengan adanya sifat terbuka serta sukarela, dikelola secara mandiri dan demokratis. Keuntungan yang didapat dalam format sisa hasil usaha yang akan dibagikan kepada para anggotanya. Sisa hasil usaha hal yang demikian akan dibagikan secara adil cocok kesepakatan rapat anggota.

Pada mulanya koperasi cuma terdiri dari anggotanya saja. Bagus dalam hal simpan maupun pinjam. Tetapi seiring perkembangan usaha, koperasi juga memberikan pinjamannya tidak cuma terhadap anggotanya tapi juga non anggota. Sekiranya Anda berharap meminjam dana kepada koperasi sebagai non member, umumnya Anda mesti mencontoh beberapa http://www.koperasicreabali.com mekanisme tertentu.

Pada dasarnya bunga yang digunakan dalam koperasi lebih rendah dibandingkan dengan jasa penyedia pinjaman lainnya. Dalam melakukan usahanya, koperasi mempunyai beberapa jenis bunga. Ada yang memakai sistem bunga flat, ada juga metode bunga menurun. Mekanisme bunga flat biasanya untuk pinjaman rentang pendek. Mekanisme ini memakai bunga yang tetap dari awal sampai akhir masa pinjaman. Anda bisa menemukan banyak sekali koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya ialah koperasi simpan pinjam Bali.

6572417011775265258.png

Mekanisme bunga menurun bergantung pada besarnya pinjaman yang masih ada pada peminjam. Makin kecil pinjaman maka akan makin kecil pula bunga yang wajib diangsur. Kecuali itu ada juga sistem bunga anuitas, di mana pinjaman ini dipengaruhi oleh sisa pinjaman per bulannya, keuntungannya adalah bunga yang dibayarkan tiap bulannya menurun, namun nominal pokoknya semakin meningkat. Anda dapat menemukan banyak sekali koperasi yang tersebar di segala Indonesia, salah satunya ialah koperasi simpan pinjam Bali.

referensi:
http://www.koperasicreabali.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar