Minggu, 15 April 2018

Pentingnya Jurnal Penutup Buat Pengusaha

Bagi seorang pemilik pengusaha jelas situasi sulit keuangan adalah hal yang terlebih. Pemasukan dan pengeluaran setiap harinya semestinya dihitung dengan terang. Anda salah cara mengerjakan jurnal penutup satu seorang pemilik pengusaha tentu akan memperhatikan hal tersebut saat divisi keuangan sedang melaporkan jurnalnya pada Anda. Nah, bagi Anda yang masih kebingungan apa sih itu jurnal penutup? Apa saja fungsinya. Mari kita bahas.

Pengertian dari Jurnal penutup adalah sebuah jurnal yang diaplikasikan untuk mengosongkan saldo sangkaan yang pada awal dibuat untuk mengetahui berapa kerugian atau profit yang di dapatkan perusahaan. Jurnal ini betul-betul penting bagi perusahaan, dengan adanya jurnal ini siklus keuangan perusahaan bisa terpantau dengan jelas. Fungsi dari jurnal ini sendiri adalah menutup saldo perkiraan atau mengosongkan saldo sangkaan saldo, hal hal yang demikian dilakukan untuk mempermudah dalam menghitung pengeluaran dan pemasukan. Selain itu juga untuk mengetahui jumlah saldo yang terdapat dalam rekening modal. Jumlah modal yang terdapat dalam rekening wajib sama dengan jumlah akhir modal yang diperoleh hal ini bertujuan untuk mempermudah dikala hitungan di neraca. Kecuali itu juga untuk mengajukan neraca jangka waktu berikutnya pada dikala tutup buku. 



Ada sebagian hal yang perlu di amati saat membikin jurnal penutup diantaranya langkah-langkah dipahami dengan bagus seperti saat menutup rekening pendapatan dengan mengerjakan pendebitan pada akun pendapatan kemudian melakukan kredit akun laba maupun rugi. Setelah itu merupakan menutup akun rekening muatan. Selanjutnya yang diperlukan sama dengan penutupan rekening pendapatan bedanya yang di kredit ialah muatan bukan laba maupun rugi. menutup rekening laba maupun rekening rugi. Berikutnya ini dilakukan dengan metode mengerjakan pendebitan pada akun laba maupun rugi kemudian melakukan kredit modal seandainya modal ini untung. Nah apabila rugi adalah melakukan pendebitan akun modal dan melaksanakan kredit laba maupun rugi. terakhir adalah menutup rekening prive. Langkah-langkah hal yang demikian sangat penting dilakukan dengan adanya aktivitas jurnal ini karenanya perusahaan akan terhindar dari kerugian sebab selalu terpantau keuangannya. Dan tak akan ada yang menjalankan korupsi pada perusahaan.
referensi:
http://khanfarkhan.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Jurnal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar