Rabu, 18 April 2018

5 Senjata Tradisional Sumatera Barat

Sebagai masyarakat Indonesia yang cinta kepada tradisi, karenanya diutamakan malah diharuskan untuk mengetahui pelbagai budaya yang ada, terutamanya semua sesuatu Senjata Unik yang berhubungan dengan tradisionalitas. Hal ini disebabkan karena era sekarang semakin termakan dengan adat istiadat luar, sehingga sungguh-sungguh perlu untuk melestarikan apa yang telah menjadi kebiasaan nenek moyang. Salah satu hal yang perlu dipahami merupakan mengenai senjata tradisional di Indonesia. Bagi Anda masyarakat Sumatera Barat, maka Anda perlu mengetahu apa saja senjata yang ada di Sumatera Barat. Pertama, Kerambit, yakni senjata yang sungguh-sungguh popular karena serangannya yang seperti itu tajam saat digunakan. Ini adalah sejenis pisau yang mempunyai lengkungan siku di bilahnya.

Kedua yakni Karih, adalah senjata tradisional Minang yang artinya keris. Keris ini memiliki lekukan yang sedikit dan cenderung lebar, tak seperti keris pada umumnya. Komponen hulu dari keris ini juga melengkung ke bawah. Di zaman dulu, Karih atau keris ini banyak digunakan oleh kalangan penghulu kerajaan serta kalangan bangsawan. Kini, keris ini acap kali dipakai sebagai aksesoris dan komplementer dari gaun pengantin pria yang autentik Minang.



Ketiga yakni senjata Kalewang, yakni senjata yang menyerupai golok. Kini senjata ini sering dipakai untuk beragam kesibukan bertani. Pada zaman dulu, Kalewang ini tak jarang diaplikasikan sebagai senjata yang paling utama untuk pasukan-pasukan perang Padri dari Kerajaan. Ini terjadi sekitar abad 19. Format dari senjata ini cukup unik, sehingga senjata ini masih konsisten eksis hingga dikala ini. Senjata ini pun masih kerap dipakai sebab banyak orang yang memanfaatkan kegunaan dari senjata ini.

Keempat yakni Ruduih. Ruduih ini bentuknya amat menyerupai Kelewang, yaitu menyerupai pedang yang mana terdapat satu sisi yang cukup tajam. Bedanya, sisi tajam pada Ruduih ini cenderung berbentuk cembung, padahal Kelewang lurus. Inilah keistimewaan dari Ruduih, merupakan ketajamannya yang memunculkan serangan yang mematikan lawan. Dahulu senjata tradisional ini diterapkan oleh prajurit saat perang Manggopoh.

Kelima adalah Piarik, adalah senjata yang berbentuk tombak dan mempunyai tiga sisi mata yang cukup tajam. Bagi masyarakat Sumatera Selatan, senjata ini disebut sebagai Trisula. Itulah lima senjata kultur tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Sebagai masyarakat yang berbudaya, senjata ini perlu dijaga dan dilestarikan.

referensi:
https://asyraafahmadi.com/category/pengetahuan/senjata-tradisional/
https://id.wikipedia.org/wiki/Senjata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar