Rabu, 21 Maret 2018

Tentang Perbedaan Umrah dan Haji

Rukun Islam ada 5 jumlahnya. Rukun Islam ialah perbuatan dasar sebagai pondasi yang patut dilakukan oleh seorang muslim. Jadi segala umat Islam mesti menjalankan kelima rukun Islam tersebut. Rukun Islam yang kelima yakni haji. Berbeda dengan rukun Islam yang lain adalah syahadat, shalat, zakat dan puasa, haji yaitu rukun Islam yang diwajibkan bagi mereka yang mampu. Kenapa demikian? Karena mengingat Mekah yang jauh sekali dari Indonesia, tentunya membutuhkan tarif yang tak sedikit. Sehingga peraturan dari haji bagi umat Islam yaitu wajib bagi mereka yang sanggup. Banyak umat Islam yang saking inginnya pergi ke Mekah dan Madinah, ada yang memilih untuk melaksanakan umroh sunnah. Umrah ialah bukan suatu hal yang harus dijalankan. Tetapi, mengingat tarif haji yang besar dan menunggu antrian berangkat yang bertahun-tahun, banyak yang memilih untuk mengerjakan umrah secara khusus dulu.

6534318195545595732.jpg

Umroh dan haji mempunyai beberapa perbedaan diantaranya yakni waktu dan rukun-rukun yang dilaksanakan. Ibadah haji cuma bisa dilaksanakan pada bulan haji, jadi setahun cuma satu kali. Walaupun ibadah umrah sunnah bisa dilaksanakan di waktu kapan malahan. Perbedaan yang kedua yaitu pada rukun-rukun ibadah yang dilakukan. Pada ibadah umrah tak terdapat wukuf di Arafah, mengiap di Muzdhalifah, dan tak mengerjakan lempar jumroh di Mina. Bentang waktu umrah juga lazimnya dalam hitungan pekan saja, padahal untuk ibadah haji dikerjakan hampir satu bulan.

6534319830636279600.jpg

Perbedaan lain yang betul-betul mencolok pada umroh dan haji ialah biaya yang dikeluarkan. Untuk melaksanakan umroh sunnah tidak membutuhkan tarif sebesar mengerjakan ibadah haji. Kecuali itu, untuk menjalankan ibadah haji pada zaman kini ini kita seharusnya menunggu waktu sekitar 5-6 tahun untuk dapat berangkat ke tanah suci. Namun ini dikarenakan sudah banyak sekali pendaftar jamaah haji. Tetapi, kuota yang berangkat tiap tahunnya tak mengalami penambahan yang signifikan. ini tentu membuat para calon jamaah untuk antre Umroh dan menunggu giliran keberangkatan ke tanah suci serta belum tentu juga kita masih dikasih umur untuk menunggu antrean hal yang demikian.


referensi:
http://www.umroh.org
https://id.wikipedia.org/wiki/Umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar