Jumat, 23 Maret 2018

Sejarah Lancang Kuning

Mungkin sedikit dari Anda yang mengetahui apa itu lancang kuning. Melainkan bagi masyarakat Riau pasti sungguh-sungguh mengenai apa itu istilah hal yang demikian. Indonesia memang memiliki banyak sekali keragaman mulai dari kebiasaan, adat istiadat serta beberapa cerita rakyat yang betul-betul melegenda dan mempunyai makna yang bagus untuk kehidupan masyarakat. Banyak sekali cerita-cerita masyarakat yang menjadi simbol sebuah tempat dan seperti itu juga di Riau. Kecuali itu, di Riau memiliki sebuah simbol yang benar-benar tenar dan juga menjadi simbol di provinsi Riau. Di provinsi Riau Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang betul-betul indah dan sebagian besarnya ialah pulau-pulau yang menawan. Sehingga di provinsi Riau bisa melihat banyak sekali perahu-perahu layar yang akan menjadi simbol bagi provinsi hal yang demikian.

Nah, untuk mengulas sejarah lancang kuning permulaan mulanya ialah ada kaitannya dengan perahu-perahu yang ada disana. Pada zaman dahulu banyak sekali ragam perahu yang dapat Anda dapatkan dan salah satunya ialah perahu yang diterapkan untuk berperang. Perahu untuk berperang pastinya akan dijadikan sangat kuat dan kokoh sehingga bisa digunakan untuk berperang. Kemudian perahunya juga bisa dipakai untuk kenaikan para raja-raja di Riau dan juga ialah sebuah kapal komando. Istilah ini mempunyai lambang yang kesabaran, kekuasaan, kebesaran dan juga kepahlawanan. Sehingga untuk mengabadikannya dibuatlah sebuah lagu yang benar-benar dikenal dekat oleh masyarakat-masyarakat Riau dan sekitarnya.



Karena memiliki peran yang betul-betul penting dan juga mengandung cerita rakyat yang sungguh-sungguh melegenda sehingga amat baik untuk dibuat sebuah nyanyian. Nah untuk istilah dari lancang dan kuning ini yakni berasal dari kata pesat karena digunakan sebagai kendaraan yang penting. Pembuatannya malahan dari kayu yang besar serta kuat sehingga bisa menopang banyak orang dan kuat untuk digunakan di lautan. Di setiap lancang terdapat ornamen-ornamen yang benar-benar unik dan juga sungguh-sungguh khas dari Riau. Kecuali diciptakan sebuah lagu http://lancangkuning.com tapi juga dijadikan sebagai nama tarian khas Riau. Tarian ini juga benar-benar erat hubungannya dengan cerita rakyat yang melegenda hal yang demikian dan sampai saat ini masih tak jarang dimainkan tariannya. Nah, dengan adanya cerita-cerita hal yang demikian maka Riau disebut sebagai bumi lancang kuning.

referensi:
http://lancangkuning.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Lancang_Kuning,_Bintan_Utara,_Bintan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar