Jumat, 02 Februari 2018

Uraian & Kegunaan Dapodik

Frekuensi perubahan di dunia pengajaran memang cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya perubahan dalam sistem pengajaran di Indonesia semenjak sebagian tahun terakhir. Nah, salah satu perubahan yang terjadi yaitu dalam hal penyimpanan data pendidik dan daya kependidikan. Kalau sebelumnya mengaplikasikan metode Padamu Negeri atau Sentra Entri Data Kependidikan, maka kini berubah menerapkan metode dapodik (Data Pokok Pendidikan) semenjak era pemerintahan kabinet kerja Jokowi. Jadi, pendataan tenaga pendidik dikonsentrasikan menggunakan aplikasi Data Pokok Pengajaran. Lalu apa pengertian dan manfaat dari Data Pokok Pengajaran?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYDpgREQpQF2-93YHSTy0NQLtLL_sV3VhXmSVpOx28z6H8f6NFenSelQt0DCQmI5SUXS1rKIPr-pg7EbSvai3iXNVPZVoAmOnHooqZNNwtyv-gEO7ruWOte_AjMMgPL_gkHeZ6ajRK8pM/w1200-h630-p-nu/cara mencari nisn di internet (1).jpg

Data Pokok Pengajaran adalah sebuah aplikasi online yang dapat diakses oleh seluruh sekolah di Indonesia untuk memasukkan dan mengelola data, baik data milik pengajar, peserta didik, daya kependidikan, sampai profil dari sekolah itu sendiri. Dapodik juga dapat diistilahkan sebagai sebuah cara online yang menjadi bagian dari perencanaan pengajaran nasional di Indonesia. Hal ini pantas dengan Permendikbud No.79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pengajaran yang menerangkan bahwa pengertian Data https://infogtk.id Pokok Pendidikan merupakan sebuah metode pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia. Manfaat dari adanya sistem Data Pokok Pengajaran ini yaitu untuk mengumpulkan data dari sekolah satuan pendidikan yang meliputi identitas dari suatu institusi pengajaran, peserta ajar, para pendidik, kekuatan kependidikan, dan substansi pengajaran. Metode Data Pokok Pendidikan memang memiliki peranan yang sungguh-sungguh penting karena karena bisa memberikan ketersediaan data yang valid, cepat, lengkap, dan akuntabel dari beragam sekolah di seluruh pelosok Indonesia.

6517818201502886296.jpg

Adanya aplikasi Data Pokok Pendidikan tentu akan amat memudahkan admin atau operator sekolah (OPS) untuk menyatukan beraneka data kependidikan secara nasional. Selain itu, Data Pokok Pendidikan juga dapat dipakai untuk verifikasi data guru yang berkaitan dengan bermacam tunjangan serta bisa diaplikasikan untuk mengakses data bantuan beasiswa untuk pada peserta didik. Ya, adanya aplikasi dapodik memang sungguh-sungguh membantu siswa yang berharap mendapatkan bantuan beasiswa. Oleh sebab itu, pengisian data siswa di aplikasi Data Pokok Pengajaran harus cermat dan senantiasa update. Demikian sedikit uraian mengenai definisi, manfaat, dan tujuan dari Data Pokok Pengajaran. Semoga berkhasiat.


referensi:
https://infogtk.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar