
Ada sebagian solusi yang bisa dipakai untuk dilema penjumlahan banyak kolom yang berada dalam worksheet yang sama. Solusi yang pertama ialah menggunakan rumus penjumlahan Excel, tapi solusi yang satu ini kurang efektif sebab dengan semacam itu banyaknya kolom yang akan Anda jumlahkan bisa membuat rumus Excel hal yang demikian menjadi lebih panjang. Keadaan juga akan bertambah kalau ada kolom baru disisipkan. Bila kolom yag disisipkan hal yang demikian cuma satu maka tak akan menjadi sebuah persoalan namun seandainya jumlahnya cukup banyak maka dapat memunculkan sebuah permasalahan baru. Karena rumus Excel penjumlahan banyak kolom ini mesti diubah dan wajib juga menyertakan seluruh kolom yang baru disisipkan.

Untuk penjumlahan dengan banyak kolom pada worksheet yang sama maka solusi terbaiknya yaitu memakai fungsi rumus SUM. Berapa malah jumlah dari kolom yang akan Anda jumlahkan fungsi SUM ini hanya membutuhkan 1 domisili range dari kolom-kolom tersebut. Penerapan rumus SUM ketika menjumlahkan 10 kolom atau penjumlahan dengan kolom yang lebih banyak umpamanya 24 kolom atau 40 kolom maka panjang rumus dari SUM ini akan konsisten sama. Rumus SUM cuma akan berisi 1 domisili range yakni meliputi semua kolom yang akan Anda jumlahkan. Rumus Excel penjumlahan banyak kolom dengan rumus SUM jika ada kolom yang baru disisipkan maka masih dapat mengikutsertakan kolom baru hal yang demikian dengan syarat kolom baru tersebut disisipkan diantara alamat awal range dan juga akhir range yang digunakan pada parameter fungsi SUM.
referensi:
https://www.rumusexcellengkap.net
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar