Minggu, 25 Februari 2018

Apakah Ilmu Sosiologi Mengupas Hubungan Antar Pribadi Saja?

Dalam menjalankan hidup bermasyarakat tentu kita tak pernah terlepas dari yang namanya menjalankan relasi sosial dengan masyarakat lainnya. Menjaga hubungan sosial yang bagus di dalam masyarakat memang amat penting. Mengamati pentingnya hubungan hal yang demikian hingga-sampai ada ilmu yang mempelajari seputar hal tersebut merupakan ilmu sosiologi. Ilmu ini pada umumnya memegang perilaku manusia dalam berkaitan dengan masyarakat lainnya sebagai individu ataupun kategori.

6525654261761665372.jpg

Belajar ilmu sosiologi ini akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita salah satunya yaitu membantu kita berperan dan juga bertanggung jawab kepada peran kita khususnya di dalam masyarakat. Seluruh ragam kesibukan yang berkaitan dengan masyarakat tertuang dalam ilmu tersebut. Mempelajari perihal peran yang kita miliki dalam masyarakat tersebut sangatlah penting. Demikian tersebut bukan saja agar kita diterima dalam masyarakat namun juga supaya kita kapabel terus menjaga kedamaian yang ada di dalam masyarakat dan mengurangi yang namanya penyimpangan sosial yang mungkin saja terjadi akibat kita tidak menyadari peran kita dalam Sosiologi masyarakat tadi. Kecuali menasehati kita mengerjakan perilaku sesuai dengan peran kita, ilmu yang satu ini juga menelaah beragam variasi fenomena yang ada pada saat ini dengan beraneka macam fakta sosial yang ada dalam masyarakat. Kecuali itu ilmu ini juga belajar tentang bagaimana sistem mempengaruhi orang lain bagus dalam format individu maupun kelompok sehingga apa yang menjadi harapan kita dapat tersampaikan dan juga terlaksana dengan baik serta semacam itu pun sebaiknya ilmu ini juga mempelajari bagaimana suatu individu maupun kelompok tadi sanggup mempengaruhi kita sehingga kita sanggup bergerak layak dengan keinginan mereka dan lebih tepatnya bergerak pantas dengan tata tertib yang mereka miliki.

Untuk ruang lingkup dari ilmu sosiologi ini bisa dibilang sungguh-sungguh luas malahan lebih luas jikalau dibandingkan dengan ragam ilmu sosial yang lain. Yang ini dikarenakan ilmu yang satu ini mempelajari seluruh jenis interaksi yang ada dalam masyarakat yang mungkin saja tidak dianalisis dalam ilmu sosial yang lainnya. Ruang lingkupnya mencakup bermacam-macam ragam bidang seperti manajemen, ekonomi dan juga sejarah.


referensi:
http://dosensosiologi.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar