Selasa, 30 Januari 2018

Sifat, Struktur, dan Macam Teks Eksposisi

Salah satu teks yang dipelajari dalam mata pembelajaran bahasa Indonesia ialah eksposisi. Teks eksposisi ini merupakan satu dari beberapa jenis teks yang diajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia seperti teks narasi, prosedur, deskripsi, dan lain-lain. Seperti halnya variasi teks yang lainnya, eksposisi juga memiliki ciri dan strukturnya tersendiri. Banyak soal teks yang menggunakan variasi teks ini dan tak jarang juga diterapkan dalam memaparkan kejadian atau peristiwa secara rinci dari sudut pandang penulis. Teks ini merupakan teks berupa alinea yang isinya terkandung bermacam pengetahuan yang disampaikan dengan padat, singkat, dan terang, serta gampang untuk dipahami oleh pembaca. Sifat dari teks ini yakni real atau kongkrit dan http://www.informasibelajar.com/teks-eksposisi/ juga ilmiah, sehingga bisa dikatakan bahwa teks ini adalah non fiksi. Tujuan dari teks ini yakni untuk membeberkan informasi dengan mendetail sehingga pembaca bisa menerima pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.
Image result for Eksposisi
Seperti halnya ragam teks yang lainnya, teks eksposisi bahkan mempunyai ciri-ciri atau karakteristik tersendiri. Dengan adanya ciri-ciri ini, pembaca bisa membedakan antara tipe teks yang satu dengan ragam teks yang lainnya. Teks ini mempunyai ciri-ciri ialah membeberkan isu dan momen secara detil sehingga pembaca dapat menerima pengetahuan yang terang. Gaya penulisan bersifat persuasif atau mengajak. Selain itu, bahasa yang diaplikasikan dalam penulisan itu bersifat baku dan juga disajikan dengan lugas. Kecuali itu, teks ini tak memihak pada salah satu kubu, dalam artian lain bersifat netral. Info yang diberi tahu ialah isu menurut fakta yang kemudian dibuat alat konkritasi. Struktur dari teks ini sebetulnya hampir sama dengan ragam teks yang lainnya, tapi ada perbedaannya, yaitu pada bagian argumentasi. Jadi, struktur teks ini terdiri dari pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang yang memuat rumusan dari yang telah disajikan.

Teks eksposisi ini pun memiliki beragam variasi yang masing-masing dari jenisnya memiliki penerapan dan pengertian yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Beberapa macam teks ini yaitu teks ilustrasi, berita, perbandingan, proses, definisi, pertentangan, dan analitik. Dari tiap jenis ini memiliki gayanya tersendiri dalam penulisannya.


referensi:
http://www.informasibelajar.com/teks-eksposisi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Eksposisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar