Minggu, 28 Januari 2018

Cara Menghitung Ipk Teramat Ringan

Berikut ini merupakan metode menghitung ipk yang paling mudah dan jitu. Di kampus perhitungan keseluruhan poin dalam bentuk ipk. Ipk mempunyai kepanjangan indeks prestasi kumulatif dan biasanya angkanya yakni berkisar antara 1 hingga 4. Seperti layaknya skor rapor di sekolah karenanya ipk adalah skor keseluruhan dari Anda kuliah mulai semester 1 hingga semester dikala ini atau semester terakhir. Lazimnya yang akan mengeluarkan nilai ipk yakni dari kampus Anda atau lazimnya adalah bapendik. Melainkan Anda juga dapat menghitungnya sendiri dengan rumus yang sangat mudah. Perhitungan ipk sangat menentukan masa depan mahasiswa sebab akan diaplikasikan untuk melamar pekerjaan dan juga untuk kepentingan yang lainnya.



Nah, kalau Anda ingin mengetahui cara menghitung ipk dengan mudah dan pasti akurat merupakan sebagai berikut. Pertama yang harus Anda kenal merupakan untuk pendapatan skor huruf pada masing-masing mata kuliah ialah dari A, B, C, D, E. Masing-masing skor huruf hal yang demikian juga memiliki nilainya. Nilai A = 4, B = 3, C = 2, D = 1 (tak lulus) dan E = 0 (tak lulus). Nah, untuk menghitung ipk Anda mesti menghitung segala ips kemudian dibagi dengan jumlah semester yang sudah Anda tempuh selama perkuliahan. Jika Anda sudah berkuliah selama 5 semester maka poin ips akan ditambahkan dari segala semester yang sudah Anda tempuh sebelumnya.

Misalkan pada semester pertama ips nya ialah 3,30, semester kedua 3,12, semester ketiga 3,16, semester keempat 3,20 dan semester kelima http://carasiumi.com/cara-menghitung-ipk/ 2,88. Nah, kini Anda dapat menghitung ipk dengan metode menjumlahkan skor ips semester 1 hingga 5 kemudian dibagi 5. Jadi ipk Anda pada saat ini ialah 3,30 + 3,12 + 3,16 + 3,20 + 2,88 = 15,66 : 5 = 3,13. Nah, jadi ipk Anda pada dikala ini ialah 3,13 atau selama 5 semester ini. Ipk hampir sama dengan rata-rata prestasi yang Anda peroleh selama ini. Seandainya Anda ingin menerima ipk yang tinggi karenanya sepatutnya diimbangi dengan belajar yang giat supaya skor ujian yang Anda dapatkan juga tinggi. Demikianlah metode menghitung ipk secara ideal.

referensi:
http://carasiumi.com/cara-menghitung-ipk/
https://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_prestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar