Senin, 11 Desember 2017

Istilah Wilayah Operasi Militer

ebagian tahun terakhir Indonesia diramaikan dengan gerakan separatisme. Gerakan-gerakan seperti ini mampu membikin rasa kebangsaat terpecah belah. Adanya daerah operasi militer terpenting pada tempat-tempat yang rawan konflik memang wajar adanya. Sehingga dengan adanya operasi militer hal yang demikian kemungkinan eksistensi gerakan hal yang demikian dapat diminimalisasi. Operasi hal yang demikian yaitu sebuah operasi militer yang dilaksanakan oleh anggota militer angkatan darat. Gejolak-gejolak yang timbul sebab adanya gerakan separatisme ini amat meresahkan masayarakat dan juga menggoyahkan rasa persatuan. Oleh maka peran militer sangat penting untuk membuat gerakan tersebut menjadi lebih minimal. Meminimalisir gejolak dan pergolakan di masyarakat menjadi konsentrasi utama dari operasi militer hal yang demikian. Sehingga sebisa mungkin operasi ini sepatutnya berjalan sukses.

Adanya daerah operasi militer yang dianggap sebagai salah satu sistem untuk membikin gejolak sosial kemasyarakatan menjadi lebih ternetralisir tentu akan memberikan pengaruh yang positif dan negatif. Operasi militer yang dikerjakan oleh angkatan darat tujuannya untuk meredam gerakan aceh merdeka dan juga gerakan papua merdeka. Gerakan-gerakan hal yang demikian betul-betul membuat resah masyarakat. Sehingga para tentara bertugas untuk memberikan rasa aman untuk orang-orang umum serta memberikan ketentraman bagi para pelaku gerakan separatisme hal yang demikian. Sedangkan sekarang gerakan separatisme dapat diredam, tetapi kedamaian masyarakat belum dapat diperoleh selama pelakunya masih memiliki niat untuk mengerjakan pemisahan diri dari Indonesia.



Keberadaan daerah operasi militer yang dibawah pengawasan TNI angkatan darat memiliki maksud untuk menjadi mediator atas keinginan dari para pelaku gerakan separatisme kepada negara. Seperti yang Daerah Operasi Militer (DOM) Aceh terjadi pada daerah operasi militer aceh yang bertujuan untuk menyelamatkan warga sosial dari para tentara GAM. Perbuatan tentara Gam yang dapat dibilang keji tersebut amat membuat resah. Sehingga aceh patut diselamatkan. Terpenting warga aceh yang tidak berdosa dari tangan tentara GAM yang sangat keji. Hasil akhir dari operasi militer yang dikerjakan di aceh tersebut adalah sebisa mungkin menyelamatkan warga yang tak berdosa. Hasil akibatnya yakni berupa perjanjian perdamaian antara tentara GAM dengan TNI untuk bersama-sama mewujudkan perdamaian di aceh.

referensi:
http://www.faktadaerah.com/2017/12/daerah-operasi-militer-aceh-papua.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Operasi_militer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar