Rabu, 22 November 2017

Mengenal Kaidah Tajwid

Sebagai seorang muslim, tentunya Anda tak akan asing dengan tata tertib tajwid bukan?Ya, tajwid yakni salah satu undang-undang bacaan yang artinya adalah indah atau bagus. Sedangkan artinya dalam ilmu qiroah ialah mengeluarkan huruf http://www.hukumtajwid.com yang berasal dari tempat aslinya dan sesuai dengan sifat asli yang dimiliki oleh huruf tersebut. Akan tapi apabila dipandang dari segi istilah, Tajwid ialah ilmu yang diterapkan untuk memperindah bacaan pada kitab suci al qur’an yang disertai pula dengan kaidah ilmu tajwid yang telah berlaku dalam setiap huruf. Menurut ali bin abu thalib ialah pernah mengatakan juga bahwa Tajwid yakni mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya merupakan dengan memberikan hak untuk tiap-tiap huruf (seperti pada Qalqalah, Iqlab dan lain sebagainya) serta dengan mustahaq huruf.



Jadi dapat kita tarik kesimpulan secara awam, bahwa ilmu atau tata tertib Tajwid ialah sebuah ilmu seputar bagaimana cara mempelajari tentang bagaimana metode mengucapkan maupun melafadzkan setiap huruf-huruf yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an serta Hadist dan lainnya. Masih ada beberapa istilah yang perlu kita amati dikala kita sedang membaca al quran dan juga hadist. Untuk isu lebih lengkapnya Anda bisa mencarinya lewat buku tentang tajwid atau bisa juga dengan membacanya lewat tulisan di dunia online. Karena hakekatnya masih ada banyak ilmu yang dapat kita pelajari juga dalam ilmu tajwid. Ada aturannya tersendiri bagi muslim yang mempelajari ilmu tajwid yaitu harus baginya sebab dalam solat malah kita juga masih seharusnya belajar ilmu tajwid didalamnya dengan bagus dan benar.



Manfaat mempelajari dan mengenal aturan tajwid adalah memiliki banyak kegunaan apalagi jikalau kita belajar sejak usia dini. Jika semenjak umur dini telah dilatih belajar tajwid dengan baik dan benar, maka akan berimbas pada saat ia belajar al quran yakni menjadi lebih mempermudah dan mempercepat proses dalam membaca al quran yang bagus dan benar. Manfaat lainnya seandainya kita mempelajari hukum tajwid tersebut yakni kita dapat menghindari kesalahan dalam membaca al quran. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika belajar mengenai ilmu tajwid yang baik dan benar.

referensi:
http://www.hukumtajwid.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar