Jumat, 11 Agustus 2017

Trik Sukses Belajar Sejarah

tulah kata-kata sanjungan yang dilontarkan orang tatkala membicarakan Bu Ima. Siapakah Bu Ima itu? Dia adalah seorang pengusaha Perempuan yang suskes. Bidang usahanya bermacam-macam, sejak pertanian, perdagangan, Industri, serta jasa. Dia merintis bisnis tersebut sedari nol. Apa sebab dia mampu sesukses itu? Ketika problem itu dilontarkan, jawaban yang muncul tahkik tidak terduga. "Saya belajar dari cerita, " demikian katanya. Apa kaitan silsilah dengan sukses yang diraihnya? "Saya mengutip keberhasilan yang diraih per para wajah sejarah dan menghindari kelupaan yang mereka lakukan, " jawabannya amat masuk akal.

Atas ilustrasi pada atas siap ditarik suara betapa pentingnya ilmu cerita bagi kehidupan kita. Ternyata ilmu histori sangat berguna dalam merayu cita-cita. Segala sesuatu cita-cita dikau? Karena itulah anda kudu belajar cerita. Bagaimana cara belajar silsilah yang cantik?

Mengaitkan peralatan



Sejarah merupakan rangkaian kejadian. Peristiwa yang terjadi saat ini akibat kasus masa lalu, dan sebagai penyebab insiden yang lusa. Nah, rangkailah peristiwa-peristiwa tersebut. Buatlah runtunan kejadian / ringkasan supaya mudah tersimpan dalam memori otak kalian.

Menyimak

Simaklah materi yang ada dalam buku alias yang disampaikan oleh inang kita. Alias carilah informasimisalnya dari Iternet untuk melengkapi pemahaman kalian.

Mencatat dan membuat intisari

Buatlah komentar kecil mengenai apa yang dijelaskan inang. Tempelkan catattan www.learnsejarah.com tersebut dalam dinding kamar, di meja belajar, atau dimanapun supaya dapat dilihat ketika kalian lupa. Tegak! Catatan itu bukan untuk mencontek.

Menciptakan Kata Kunci

Buatlah kata-kata yang akan menegur kalian mengenai hal yang berkaitan beserta sejarah. Contoh: Kata India: akan mengingatkan kalian tentang Mahatma Ghandi, kata Majapahit mengingatkan bakal Gajah Mada dan berikutnya.

Tanya Jawab Dobel

Untuk lebih memperkuat kompetensi ingat kalian, ajaklah sohib kalian dalam bertanya jawab mengenai materi bidang yang telah dibahas. Semakin kerap kalian mengerjakan tanya jawab maka semakin terkepung materi mereka dalam ingatan kalian.

Melakukan kegiatan

Lakukanlah kegiatan untuk memperkuat pemahaman kita tentang sejarah. Misalnya berkunjung ke tempat-tepat histori seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Benteng-benteng pada tanda penjajahan yang masih terdapat dan sebagainya.

Mengatur kemampuan

Untuk mengetahui keberhasilan metode berlatih kalian, ujilah kemampuan kalian dengan soal-soal latihan yang ada buku materi silsilah. Ketika memproduksi latihan ini, usahakan jangan melihat materi. Kerjakan semampu kalian & nilailah dengan jujur, peringkat yang tersua menunjukan tingkat keberhasilan kalian.



Ok! Bebas mencoba, mudah-mudahan nilai sejarahmu baik!

referensi:
http://www.learnsejarah.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar