Selasa, 06 Juni 2017

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat

Surat al kahfi adalah dikategorikan surat yang istimewa diantara surat-surat lainnya di dalam al-Quran. Bukti keunggulan atau keutamaannya adalah disunahkan untuk dibaca pada hari jumat. Rasulullah saw saw menyampaikan beberapa perembukan terkait masalah ini. & diantara keluarbiasaan surat al kahfi berikut adalah kira pembacanya hendak mendapatkan:

1. Mendapat Cahaya

Terdapat sejumlah hadis yang menjelaskan keutamaan pembaca Surat al Kahfi akan meraih cahaya. Dan cahaa yang diberikan ini juga di berbagai paham.

2. Diampuni Dosa

Semua manusia ketika hari selesai butuh magfirah dari Tuhan. Jika kesalahan dan kelicikan yang dimiliki manusia bertumpuk, sementara ganjaran yang tersumbat hanya terbatas, maka sungguh mendebarkan membenang jika datang dosanya itu menjadi sumber masuk sampar. Maka ketika itu dia sangat zakar ampunan Sang pencipta. Jika sungguh diampuni dan bersih segenap dosa, yang dia miliki tinggal pahalanya. Surat al Kahfi itu menjadi aparat datangnya ampunan Allah antara dua jumat yang dilaluinya.

3. Dilindungi Dari Umpat Dajjal

Tiada manusia yang tahu tepat kapan Dajjal akan ada. Namun cocok dengan berbagai keterangan sabda, dajjal lusa di selesai jaman, beserta membawa hasutan yang membinasakan aqidah wong. Dajjal memiliki berbagai kesangkilan di pendatang kemampuan wong normal.

Lalu akan datang kering panjang. Detik itu mulai muncul kekeringan dan kelaparan. Di sinilah peran Dajjal datang secara membawa ujian. Penduduk ketika suatu wilayah yang tidak target tunduk saat Dajjal bakal dibiarkan kekeringan. Namun apabila mau tawaduk, Dajjal dengan menurunkan tahi angin.

Dajjal juga memiliki kompetensi kecepatan bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain. Hanya saja dia tidak sanggup http://www.suratalkahfi.com/ memasuki Mekah dan Kota madinah. Juga hendak bersamanya seakan surga & neraka. Jika tidak berhati-hati akan banyak diantara kita tertipu menggunakan ujian berikut hingga mendurhaka dari keimanan.



4. Menerima Iman

Surat al Kahfi berisi kisah-kisah di dalamnya. Diantaranya urusan ashabul Kahfi, kisah pemilik dua perkebunan, kisah Rasul Musa beserta nabi Khidir, dan kisah raja Dzulkarnain. Kisah ashabul Kahfi bermutu tentang para pemuda yang mempertahankan iman hingga mesti mengasingkan ada di gua.



Kisah Nabi Musa menggunakan Nabi Khidir mengisahkan mengenai Nabi Musa yang berguru pada oknum beriman Rasul Khidir yang sering berseberangan dengan pemikiran Nabi Musa. Namun ternyata Nabi Khidir memiliki kepiawaian yang berisi hikmah yang tidak dimiliki nabi Musa.

Waktu Membaca Surat Al Kahfi

Surat al Kahfi disunahkan untuk dibaca pada setiap hari jumat. Dalam Agama islam perhitungan hari adalah diawali dari setelah terbenamnya matahari dan finis pada detik terbenam matahari di perian berikutnya. Oleh karena itu awal hari jumat di dalam Islam dimulai malam jumat atau tarikh kamis sehabis maghrib muncul hari jumat sebelum maghrib.

Maka mencerap surat al-kahfi yang terbaik bisa dikerjakan malam jumat atau siang hari dalam hari jumat. Imam Syafii menjelaskan dalam kitabnya Al-Umm bahwa adat membaca Surat al Kahfi dibaca di malam Jumat atau tengah hari harinya menurut berbagai sejarah.
referensi :
www.suratalkahfi.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-Kahf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar