Senin, 08 Mei 2017

Teknik Amankan Wifi Rumah

Saat ini mengakses dunia maya dengan Wifi telah menjamur di mana-mana. Dari tempat umum mencecah rumah karakter.

Keberadaan kuota speedy yang di-bundle pada wifi router juga sudah membuat padat rumah sekarang memiliki hotspot sendiri.

Tunggal hal yang jadi minat utama pemilik wifi rumahan adalah sengketa keamanan. Sungguh cara saya membatasi saluran wifi pada rumah semoga hanya yang berhak selalu yang siap menggunakan hotspot dengan relasi internet tersebut?

Salah satu cara untuk mengamankan wifi sanggup dilakukan tepat melalui wifi router. Barangkali anda bertanya, apa itu wifi router? Wifi router adalah perlengkapan yang menyebarkan sinyal wifi di wisma anda. Suplemen “router” menampilkan alat mereka sekaligus beroperasi sebagai widyaiswara arah alias rute (route) agar komputer pangku dapat terhubung dan berkomunikasi dalam tali, baik local (LAN) atau pun internet.

Merasuk ke Wifi Router

Utk mengatur wifi router tersebut, anda kudu masuk ke halaman konfigurasinya. Alamat tipikal (IP Address) halaman susunan semua Wifi Router adalah “192. 168. 0. 1” atau “192. 168. 0. 254”.

Bahwa anda tdk tahu bibit IP nya, cobalah cara berikut (untuk windows XP ke atas).

Untuk Windows XP, klik Start » Run & ketik “cmd /k ipconfig /all” (tanpa tanda kutip). Selain Windows XP, fraksi Start kemudian ketik perintah di bagi pada mencari box.

Daripada jendela yang terbuka carilah bagian Wireless LAN adapter. Lalu temukan bagian cara hack wifi bernama Default Gateway, di seksi kanan terdapat alamat atas Wifi Router anda.

Sesudah mengetahui IP dari Wifi Router masa ini Buka browser (firefox, chrome, opera atau apa aja bisa) kemudian pada address bar ketik IP Address dari Wifi Router ini dan tekan enter.

Isikan user name dan password pada login router. Lamun keduanya belum pernah diganti, maka user name & password teratur untuk seluruh router diartikan sebagai "admin”.

Sehabis berhasil merasuk ke syatar konfigurasi router, maka dikau siap berbuat langkah penyelamatan untuk memagari akses ke jaringan wifi di bait.

Langkah Mengamankan Wifi Rumah



1. Ganti Login di Wifi Router

Jika login router sedang menggunakan user dan password standar ialah “admin”, maka sangat disarankan untuk mengganti login berikut.

Cari sesi Maintenance dan kemudian pilih Password. Sekarang gantilah user name dan password standar beserta yang trendi. Pastikan kau mengingatnya, plus saat anda menekan Save, Router akan meminta engkau login beserta username & password mutakhir.

2. Hotspot Password



Hotspot password adalah cara yang paling lazim digunakan dalam membatasi akses ke hotspot. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan patokan pengamanannya.

3. MAC Filtering

Ini yakni metode pengamanan tingkat liat. Hal pertama yang kudu dilakukan didefinisikan sebagai pastikan semua perangkat yang menggunakan hotspot di bait sedang rajin dan terhubung ke hotspot.

4. Gunakan SSID Lain

SSID (Service Set Identifier) adalah pamor hotspot dikau. Salah satu strategi yang kadang kala cukup ampuh mencegah orang menggunakan hotspot anda ialah dengan sebutan SSID yang unik seperti, “Network Unavailable” alias “No Computer Connection”.

Cara untuk menganti SSID, carilah Wireless Setting, dan tiru SSID pada nama unik kemudian kumpulan Save.

referensi:
http://tipsandroid2017.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar