Kamis, 16 Maret 2017

Teknik Menyeleksi Lab Bahasa dengan Bijak

Laboratorium Bahasa belakangan ini sudah biasa menjadi hajat pokok utk penunjang perlengkapan pembelajaran indah di madrasah tingkat perdana, atas lebih dari itu di Pondok Tinggi, plus saat ini tidak sedikit vendor penyedia Laboratorium Bahasa maka saya dituntut utk hati-hati dan bijak agar kita dapat memilih Laboratorium Bahasa yang tepat dengan kebutuhan serta tujuan juga anggaran yang dialokasikan, pra menentukan bagi memutuskan sewajarnya kita survie dulu ke lembaga lainnya yang sungguh memiliki alat Laboratorium Kaidah minimal 3 lembaga menggunakan perangkat yang berbeda species dan merknya.



Laboratorium Kode Manual diartikan sebagai lab kaidah yang memakai perangkat elektronika tanpa microcontroller. Karena tanpa microcontroller, pasti lah lab norma jenis itu mempunyai manfaat pembelajaran yang standart. Lab jenis yang ada untuk pengoperasiannya sama sekali tidak terhubung dengan komputer, dengan demikian maintenance lab jenis ini sangat mudah dan murah. Karena karakternya yang demikian, biasanya lab jenis itu banyak digunakan oleh pondok pesantren pendidikan setingkat SD atau SMP atau sekolah-sekolah yang ada di ceruk daerah dimana tingkat SDM guru & teknisi lab tidak mencita-citakan skill yang tinggi.

Lab Bahasa Computer digital adalah alat lab bahasa yang sudah menggunakan microcontroller untuk mengatur fungsi-fungsi lab bahasa. Plus menggunakan microcontroller yang diprogram melalaui software, tentu saja fungsi-fungsi lab yang dijalankan siap lebihbanyak dan bervariasi dibanding lab kaidah manual. Lab jenis ini ada yang terhubung beserta software komputer pangku dan terdapat juga yang tak dihubungkan dengan komputer. Lab Bahasa WinnerTech model Internet online yang harus terhubung dengan komputer ialah tipe WT01SE, WT02, WT03 dan WT04 Wireless. Sedangkan yang tidak kudu terhubung secara komputer diartikan sebagai tipe dual console WT01DC. Adapun bahwa laboratorium kaidah yang terhubung dengan komputer saku tentunya pun mempunyai fungsi yang cenderung dibanding yang bukan menggunakan komputer pangku. Beberapa manfaat yang semuanya ada yang lab kaidah digital yang terhubung pada komputer diartikan sebagai: dapat menyimpan database software laboratorium bahasa siswa dan kelas, dapat menutupi data absensi dan peringkat siswa, keistimewaan kamus, keistimewaan multimedia dan sebagainya.

Lab Tata susila Multimedia adalah perangkat lab. bahasa yang mana fungsi-fungsi pembelajarannya 100% dikendalikan melalui software. Oleh karena itu, di masing-masing client/siswa dan pun master harus terdapat satu komputer dalam mendukung keistimewaan tersebut. Lab bahasa jenis ini pun dapat dipakai sebagai lab komputer.

referensi:
http://arionindonesia.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar