Senin, 20 Februari 2017

Trik dan Resep Menghasilkan Martabak Manis

Martabak manis diartikan sebagai makanan yang cukup tenar di Nusantara. Makanan tersebut cukup populer di Tegang dan tatkala Bandung yang lebih dikenal denagn nama kue tegas bulan. Sangat banyak gerai martabak yang sungguh terkenal pada berbagai wilayah seperti martabak matahari, martabak boss, martabak bangka, martabak terang bulan, martabak pecenongan, martabak jepang, martabak orins dll. Jika tidak ingin membeli, aku bisa membuat sendiri martabak manis menggunakan variasi yang sangat banyak.

Martabak berbeda menggunakan dadar kelokan atau crepe, mirip secara pancake akan tetapi lebih tebel. Dadar gelung atau crepe tidak memerlukan pori-pori soalnya kue itu didadar tipis-tipis sebelum diisi tengahnya & digulung. Pancake lebih tegas dari crepe, tidak setebal martabak serta tidak diisi tengahnya seperti martabak.

Trik Agar Martabak Manis Sebagai Empuk

Dibutuhkan survei & uji jajal resep berkali kali bagi saya untuk mendapatkan martabak manis yang cukup berhasil. Ternyata tersedia banyak taktik yang perlu diperhatikan agar dapat mengarang martabak elegan yang empuk antara lainnya:

a. Menyeleksi resep yang tepat



Keterangan martabak yang ada pada internet / di mana saja bisa dicoba. Tetapi perhatikan ibarat kandungan larutan, minyak & tepung yang digunakan di resep. Minyak atau lemak membuat martabak menjadi kendur walaupun martabak sudah susut. Air serta minyak menghasilkan adonan memerankan lebih senang yang membantu proses pabrikasi gelembung udara.

b. Mengarang banyak pori atau mungkum pada martabak

1. Ukuran baking soda yang akurat.

Berbeda dengan cake atau roti, martabak bisa sebagai empuk dengan menambahkan baking soda. Tersebut sebabnya baking soda pantas dibubuhkan dalam jumlah yang cukup & waktu yang tepat. Pada resep yang saya memakai, untuk semua 125 gr terigu, hamba membubuhkan baking soda sama banyaknya setengah centong teh. Pasti lah jumlah yang ada belum tepat sama dalam setiap teritori dan peristiwa. Saya sarankan untuk menguji terlebih lepas baking soda yang dikenakan dengan adonan yang dikenakan. Kalau belum terjadi melembung, jumlah baking soda mampu ditambah sekutil demi terbatas. Hati-hati menambahkan baking soda karena apabila terlalu besar baking soda, martabak hendak terasa getir.

2. Memelihara agar baking soda siap menghasilkan melembung yang padat dalam adukan

Baking soda kristal dibubuhkan sesudah pengadukan adonan terakhir, pra masuk ke dalam loyang martabak. Bubuhkan air sekutil terlebih lepas agar baking soda sanggup melarut pada baik serta cepat ke dalam kocokan yang akan dituang. Masalah ini dimaksudkan agar kempung CO2 dalam adonan baking soda tidak habis.

3. Penanganan api pada loyang martabak

Pembentuk martabak elegan harus pakar mengatur obor pada loyang martabak. Cara paling gampang memeriksa apakah loyang sudah panas adalah dengan membubuhkan adonan terbatas pada loyang yang tutup dioles minyak atau mentega. Jika bahan membuat martabak mini adonan sudah berbunyi mendesis, bermanfaat loyang sudah biasa cukup gawat. Hati-hati juga jika loyang terlalu panas maka sisik martabak yang dihasilkan tak akan bagus laksana pada gambar di kaki gunung ini:

c. Penyelesaian yang tepat

Walau kita telah memiliki resep yang tepat serta martabak sudah menimbulkan gelembung di dalam saat dimasak, kulit martabak akan memerankan keras jikatelah dingin. Itu sebabnya getah perca penjual martabak membubuhkan tidak sedikit margarine di dalam kulit martabak yang sudah biasa selesai dibuat. Hal itu dilakukan utnuk memberi wewangian yang wangi dan lezat serta mencegah agar kulit martabak bukan menjadi rusuh dan lasak.
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar