Jumat, 20 Januari 2017

Resep Wedang Uwuh, Manfaat & Asal-Usulnya

Sebelumnya kami menyigi salah satu minuman khas Jawa Barat yang bernama Bandrek, dan waktu ini mari aku menuju Yogyakarta dan mengerling salah satu minuman atau wedang tradisional tertentu asal kawasan tersebut yang bernama wedang Uwuh. Minuman ini pada dasarnya juga merangkai dan mengarang badan memerankan terasa afiat dan redut karena salah satu bahan yang digunakan adalah jahe.

Secara umum wedang ini dikenal masyarakat menguntungkan bisa menghilangkan batuk maupun menambah vitalitas, dan berdasarkan sumber atas Kesehatan. Kompas. com, wedang Uwuh siap melancarkan perkembangan darah, mengata-ngatai kolesterol secara mengurangi perpaduan kolesterol di dalam darah dan hati plus wedang tersebut menggunakan si pedas sebagai satu diantara bahannya.

Dr Michael dr Herbacure juga meneliti beberapa bahan yang digunakan untuk wedang Uwuh juga sehat untuk menyabot nyeri, menenteramkan perut mulas karena masuk angin, serta mengatasi gangguan lambung karena menggunakan daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid. Selain itu Berdasarkan penelitian di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), kayu secang sebagai salah satu bahan mulai minuman itu juga bermanfaat untuk antioksidan, antikanker, dan melegakan pernapasan.

Uniknya bila dilihat dari namanya arti Uwuh sendiri adalah sampah, plus wedang berikut terdapat banyak bahan herba yang disajikan tanpa disaring, sehingga dianggap mirip kotor. Jika anda sedang berpelesir ke Yogyakarta terutama potongan selatan sebagaimana Kabupaten Bantul atau kawasan Jogja lainnya, anda sanggup membelinya serupa oleh-oleh untuk bentuk kemasan sehingga mudah untuk disajikan.

Kabarnya minuman kemasan spesifik yang berasal dari Jogja ini pun sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia, yang ada di kaum toko ataupun super market. Namun bila anda ingin mencoba tunggal untuk membuatnya, berikut diartikan sebagai resep & cara memproduksi wedang Uwuh.

Cara membuatnya:

1. Bakarlah jahe terlebih dahulu setelah itu dimemarkan

2. Masukan segala bahan diatas kedalam kuali besi, kemudian mengetim hingga luar biasa mendidih



3. Jika telah mendidih lantas angkatlah, penyajian bisa disaring atau tdk.

4. Siapkan beberapa jual wedang uwuh kaca dan cucurkan.

referensi:
http://www.wedanguwuhsolo.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Wedang_uwuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar