Jumat, 27 Januari 2017

Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Sistem Pertambangan

Pada mulanya jurusan kuliah teknik tambang pertambangan memiliki bahasan yang hampir sama dengan jurusan siasat geologi, namun pada jurusan ini jauh ditekankan pada cara mengeksplorasi dan mengeksploitasi bahan tambang. Teknik Pertambangan adalah salah satu cabang ilmu siasat yang mempelajari bahan galian/sumberdaya mineral, minyak, gas bumi, dan batubara. Kegiatan pertambangan dapat melingkupi berbagai perkerjaan mulai dri penyelidikan umum (propeksi), eksplorasi, penambangan (eksploitasi), pemrosesan (pengolahan dan pemurnian), pengangkutan, sehingga pemasaran.

Perkuliahan Teknik Pertambangan

Pada masa awal perkuliahan, mahasiswa jurusan teknik pertambangan akan menerima berbagai mata kuliah yang terdiri dri: mata kuliah umum (Pendidikan Agama Pendidikan Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Dalam negri, Pendidikan Kewarganegaraan); mata kuliah ilmu alam dasar (Kalkulus, Fisika Basis, Kimia Basis; dan mata kuliah aspek keteknikan layaknya Gambar Metode dan Konsep Teknologi.

Pada semester-semester selanjutnya baru tentang dipelajari berbagai mata kuliah terkait dengan bidang yang berhubungan dengan teknik pertambangan, misalnya Geologi Fisik, Kristalografi dan Mineralogi, Pengantar Teknologi Mineral, UU Tambang Kemudian Perburuan.

Di dalam dunia Sistem Pertambangan, terdapat dua aspek pilihan, seperti Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum. Di tambang eksplorasi, pendidikan yang disarankan bersifat komprehensif dalam segala aspek melalui kegiatan eksplorasi penambangan. Sedangkan pada tambang umum, bidang kajian mencakup sebagian kegiatan tahap prapenambangan, yaitu berkaitan dengan pemilihan metode penambangan dan kepentingan fasilitas/sarana serta prasarana, style & design, developing, juga aktivitas tahap penambangan (pemberaian, pemuatan, pengangkutan dan pengendalian biaya).

Keempat komponen kegiatan utama di dalam jalur tambang umum ditunjang oleh berbagai aktivitas ialah pemetaan, kestabilan penggalian, perancangan dan rekayasa, pelayanan, energi, perawatan, kesehatan dan keselamatan kerja, ventilasi, pengendalian weather dan reklamasi, serta pemahaman geologi, mineralogi, mineral put in, mineral control dan advertising.

Prospek Lapangan Kerja

Nyaris semua barang yang kindertagesstätte gunakan di saat ini, sebagian atau seluruhnya dibuat bila dibandingkan bahan tambang. Mulai melalui perlengkapan dapur seperti pisau, sendok, garpu, panci, maka kendaraan yang kita manfaatkan dibuat memakai bahan tambang. Dengan demikian, jurusan ini tidak jadi kehilangan daya tariknya - berabad-abad mendatang. Berikut itu adalah segenap prospek aksi bagi lulusan jurusan teknik pertambangan:

Akademisi dan Peneliti

Untuk menjadi akademisi biasanya lulusan sarjana teknik pertambangan harus menarik study lanjut di method pascasarjana. Saat ini perguruan gede yang berbisnis jurusan metode pertambangan tena relatif sedikit, sementara keperluan bahan tambang di Indonesia masih jauh dari turun, karena itu peluang lulusan teknik tambang untuk akhirnya menjadi dosen dalam berbagai perguruan tinggi dalam Indonesia masih terbuka lebar. Lulusan metode tambang jua dapat bergiat sebagai peneliti di seluruh lembaga penelitian seperti LIPI dan BPPT.

Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan yang meraih dimasuki dengan lulusan jurusan teknik pertambangan misalnya Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Perdagangan dan Perindustrian, dan lain-lain.

Badan Upaya Milik Penjuru (BUMN)

6379939121391707704.jpg

Pemerintah REpublik Indonesia memiliki relatif banyak BUMN yang bergerak dalam aspek pertambangan, sedikit diantranya ialah PT. ANTAM Aneka Tambang), PT. Bukit Asam, Perum Gas Pelosok, Pertamina, PLN, PT. Timah, dll.


referensi:
http://kamustambang.online
https://id.wikipedia.org/wiki/Tambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar