Kamis, 12 Januari 2017

Cara Menuliskan Biodata yang Baik

Setelah sebelumnya saya menulis tentang saran cara menurun sinopsis yang baik, kali ini giliran saran tentang cara menulis bio data yang ikut dan dikirimkan rapi naskah di penerbit. Bukan dapat dipungkiri pula jika masih padat yang menghasilkan bio datanya sendiri dengan seadanya, terus-menerus sebagai semarak persyaratan pengiriman naskah. Padahal banyak keputusan mengenai diterbitkannya suatu tulisan dipengaruhi sebab bio kabar penulisnya. Nah, tulisan ini akan membincangkan bagaimana memproduksi bio keterangan penulis beserta baik & benar

Sebenarnya untuk menyalut bio keterangan tidak ada yang sulit, soalnya materinya jelas-jelas sudah tersedia karena yaitu kehidupan Dikau sendiri. Namun kesalahan besar hampir seluruh orang ialah menuliskannya pada cara sama seperti zaman ia mengajak pekerjaan biasa. Banyak orang yang hanya sekedar mengkopi atas resumenya. Mesti diingat lalu bio keterangan ini dikenakan untuk menggampangkan langkah Kamu menjadi penulis. Maka pasti lah isinya meski harus berurusan dengan sesuatu tersebut.

Tanpa banyak bicara berjarak lebar lagi, berikut ini ialah tips sudah tidak asing lagi untuk merekatkan bio laporan Anda:

Jujur. Ini ialah salah satu butir terpenting Biodata Artis di saat merangkaikan bio laporan. Sekali Engkau tidak kredibel dan ketahuan maka kemungkinan besar Anda hendak dimasukkan dalam daftar hitam penerbit. Tan- pula mendramatisasi fakta yang ada.

Tuliskan apa yang relevan secara karir Anda sebagai penulis atau signifikan dengan pati buku yang member tulis. Contohnya Anda menyalut topik mengenai bonsai, Anda dapat mencemplungkan jabatan Engkau di permufakatan bonsai, kepandaian Anda mengulas bidang bonsai atau kemahiran Anda mengintil kejuaraan bonsai. Tapi pada waktu Anda merangkaikan pendidikan alias karir Engkau di sisi teknik, tetap hal tersebut malah menciptakan editornya geleng-geleng kepala serta tidak membenarkan pada apa pun yang Anda tulis.

Format penulisan biasanya bukan mengikat. Rencana dibuat beserta sistem skema, narasi / apa pula biasanya penyebar tidak memersoalkan, yang penting jelas serta menggunakan norma yang sedang dan mudah dipahami.

Tanpa terlalu penuh menuliskan biodata sampai berlembar-lembar. Cukup tunggal atau penuh dua untai.

Berkaitan dengan poin no 2, kurang lebih hal tentang apa yang perlu dicantumkan dan yang tak dicantumkan di dalam bio laporan dapat dipandang di pangkal ini:



Keterangan pribadi. Petunjuk ini wajar harus dicantumkan, yaitu sebutan, alamat dan kontak. Sediakan sebanyak agaknya kontak dengan demikian memudahkan penyebar untuk menjumpai Anda. Apabila Anda punya website, blog, email ucapkan dicantumkan.



No rekening. Cantumkan hanya lamun penerbit mensyaratkannya.

Latar belakang pendidikan, dan pengetahuan kerja. Cantumkan secara detail hanya asalkan relevan dengan isi buku Anda. Kalau tidak signifikan tetapi stabil ingin menancapkan, tuliskan hanya sekilas pula.

Pengalaman berorganisasi. Walaupun gak relevan secara isi buku, kadangkala kalau Anda mengarungi banyak teman dan tergabung suatu warga tertentu (apalagi bila Engkau menjadi penunggu aktif pada dalamnya) juga bisa sebagai nilai terus bagi bio data Kau. Kalau tentu dengan topik buku lebih baik juga.

Pengalaman menyarikan. Jika Kau sudah relasi menulis buku, atau menulis artikel di majalah cantumkan hal ini dan judul-judulnya. Ini hendak menjadi perhitungan tambah bagi Anda, apalagi kalau buku sebelumnya tercakup buku laris.

Penghargaan yang pernah diterima. Jika Dikau pernah memperoleh penghargaan tatkala bidang yang kalian tulis sederajat buku atau memenangkan perlombaan penulisan cantumkan hal itu.

Foto. Gak menjadi tuntutan. Jika Kamu merasa pede dan yakin foto Kamu tidak membuat enek penerbitnya silakan dilampirkan.

Fotokopi ijazah, sertifikat & piagam. Bukan perlu dilampirkan karena hanya akan mendepak uang fotokopi Anda.

referensi:
http://inibiodata.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar