Jumat, 13 Januari 2017

Arti Yang Terkandung Dalam Lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya adalah gubahan komponis Muda Indonesia bernama Wage Rudolph Soepratman. Almarhum Wage Rudolph Soepratman merupakan seorang wizard dan juga pernah sebagai wartawan surat kabar Kaoem Moeda serta pengarang buku. Sejak minim Soepratman gemar sekali biola. Wage Rudolph Soepratman adalah putra seorang sersan Instruktur Entretanto Senen Sastrosoehardjo.

Semangat lokal telah mengisi seluruh jiwa Soepratman dalam waktu tersebut. Semangat yang berwujud kemauan ingin menciptakan Lagu Kebangsaan. Akhirnya ia dapat menciptakan Lagu Dalam negri Raya.

Lagu Indonesia Rasgo tiu dipersembahkan oleh Soepratman kepada penduduk di di dalam konggers Pemuda Indonesia tanggal 28 Zehnter monat des jahres 1928 dalam Gedung Indonesiche Club, Jln. Kramat 106 Jakarta. Lagu Indonesia Rasgo untuk pertama kali diperdengarkan dalam Konggres itu serasi pula dengan semangat Perseorangan Pemuda yang menyala-nyala di dalam waktu itu, maka saat Lagu Dalam negri Raya diperkenalkan kepada peserta konggres, dengan serta merta lagu tersebut mendapat sambutan yang hangat sekali.

Semenjak itu dalam tiap-tiap pertemuan Pemuda Dalam negri selalu dibuka dan ditutup dengan Lagu Indonesia Lista. Semua Organisasi Rakyat Indonesia, Partai Politik, Organisasi Pemuda, Wanita, Kepanduan (Kepramukaan), seluruh rakyat Indonesia yang sadar, mengakui lagu Indonesia Raya sebagai Lagu Kebangsaan.



Pada zaman penjajahan, Lagu Indonesia Raya hampir sering dilarang, dihalang-halangi oleh Pemerintahan Kolonial Belanda oleh seorang ketika Pemerintah Jepang di Indonesia. Pemerintah Belanda sudah pula reguest agar kata-kata dalam lagu Indonesia Banda diubah. Akan tetapi berkat semangat perjuangan kemudian Peraturan Rakyat dan Pemuda Indonesia semua rintangan itu dapat dilenyapkan.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 19 Agustus 1945, Lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai Lagu Kebangsaan. Lagu Kebangsaan Dalam negri Raya semasa perang Kemerdekaan telah merupakan sublimasi pengorbanan perjuangan rakyat dan Pemuda Indonesia akan mengusir penjajah dan mempertahankan serta menegakkan Kemerdekaan. Di Undang-Undang Dasar sementara Republik Indonesia 1 thaun 1950 pasal 3 ayat 2 Lagu Indonesia Rasgo ditetapkan dengan resmi sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia.

Lirik dan Makna Lagu Dalam negri Raya

Harus kalimat kemudian bait di lagu Dalam negri Raya, punya arti dan makna, terdapat 12 product or services, sebagai berikut:

1 . Indonesia Tanah Airku, mengandung arti,

Bahwa seluruh warga mengenyam tanah surroundings yaitu Dalam negri,

Bahwa http://www.notangka.net/2016/11/not-angka-pianika-lagu-indonesia-raya.html pada warga memilik hak setelah itu kewajiban terhadap tanah airnya.

Bahwa setiap warga mengaktualisasikan dirinya pada upaya merealisasikan makna sumpah pemuda.

2 . Tanah tumpah darahku, mengandung makna,

Bahwa setiap warga telah mengenyam wadah/ruang/tempat, adalah di tanah yang termasuk wilayah Indonesia.

Bahwa Tanah Air Dalam negri adalah lahan untuk berupaya, berjuang, kemudian berdarma bakti dengan aksi keras membanting tulang, menggurah keringat lalu air mata, sampai menumpahkan darah.

3. Disanalah aku berdiri, berisi makna,



Bahwa setiap warga telah berdiri sama tinggi dan berada sama rendah dengan bangsa lainnya.

Yakni di tanah air Dalam negri kita semuanya memiliki derajat yang persis dengan bangsa lainnya pada dunia indonesia.

4. Oleh karena itu pandu ibuku, kata ibuku maksudnya adalah ibu pertiwi atau pemerintahan yang sah. mengandung makna,

Bahwa pemerintahan yang sah, mempunyai tanggung jawab yang sangat luas dalam berperan menjadi pandu/penuntun/pembimbing bagi semua warga wilayahnya untuk menambah kesejahteraan keseluruhan warganya.

five. Indonesia kebangsaanku, Bangsa setelah itu tanah airku, mengandung arti,

Bahwa harus warga punya kebangsaan diantaranya berbangsa Indonesia, berkewarganegaraan Indonesia.

6. Marilah kita berseru, Indonesia bersatu, kedua kalimat ini menanamkan kesadaran,

Bahwa setiap warga berseru, bersikap dan berupaya membina perseorangan dan kesatuan Indonesia agar Indonesia benar-benar bersatu, benar melalui ulah, kata, tingkahlaku dan perbuatan sehari-hari.

referensi:
http://www.notangka.net/2016/11/not-angka-pianika-lagu-indonesia-raya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Melodika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar