Minggu, 25 September 2016

Trik Pemberitahuan & Penulisan Berita

A. Takrif Berita

6333755609823865834.jpg

Petunjuk adalah kisah atau pesan peristiwa yang baru (new) terjadi. Tidak sedikit para cakap yang menguji merumuskan uraian berita, namun, tidak ada satupun yang dapat diterima guna rumusan tepat.

Ini dapat dimaknai, pemberitahuan adalah kisah tentang kejadian aneh ataupun ganjil sehingga menarik penglihatan publik. Demikian, sebagai teras arti rendah berita merupakan laporan ataupun kejadian yang dilaporkan melalui media masyarakat.

B. Nilai Berita

Sebuah peristiwa bukan bisa disebut berita kalau tidak dipublikasikan di prasarana massa. Tapi tidak segenap peristiwa menarik dilaporkan menurut publik dengan perantara media masyarakat.

Untuk menetakkan peristiwa mana yang padan dilaporkan & layak dimuat (fit to print) utk media cetak atau cukup siar (fit to broadcast) untuk media elektronik saya harus dapat melihat apakah peristiwa itu mengandung nilai-nilai berita (new values) atau tidak, jika dianggap mengandung nilai pemberitahuan berarti layak dilaporkan jadi berita.

Dari segi para ahli, peristiwa yang dianggap memiliki nilai berita / layak dijadikan berita, apabila memiliki 4 unsur/karakteristik guna berikut:

1. Aktual

Nyata artinya peristiwa baru, intim, sedang / baru saja tercipta. Dalam bagian ini tersembunyi makna tuturan, yaitu kisah tentang objek yang baru terjadi, akan tetapi dapat pula merupakan tuturan kelanjutan atas hari atau waktu sebelumnya. Dengan demikian tugas seorang wartawan didefinisikan sebagai membuat manusia menjadi tau atau lebih tahu.

2. Faktual

Lalu berita kudu brdasarkan fakta dan terlalu terjadi sungguh fiksi(rekaan). Keaslian muncul dr sebuah tuturan nyata, ide dan ketetapan. Dalam usnur faktual itu juga terkandung pengertian, satu buah berita pantas merupakan nas tetang substansi sesuai beserta keadaan yang sebenarnya & fakta itu tidak boleh direkayasa ataupun dimanipulasi.

3. Penting

Faktor penting disini meliputi 2 hal, yang pertama Contoh Teks Anekdot berselok-belok dengan wajah (orang) yang terlibat dalam peristiwa ini. Kedua luas kecilnya perbawa suatu insiden pada rumpun, artinya kasus itu menyangkut kepentingan masyarakat dan orang banyak. Contoh persalan penyisipan tarif listrik, bencana, dan sebagainya.

4. Memikat

http://hdg1812.files.wordpress.com/2012/04/havre-de-grace-susquehanna-advocate-newspaper.jpg

Unsur mempesona dari pemberitahuan artinya mencetuskan rasa ingin tahu serta minat menafsirkan, seperti:

- Menghibur. (mengandung unsur humor)

- Objek yang sedikit (peristiwa yang luar biasa, tidak lazim, dll)

- Mempunyai unsur kedekatan (kedekatan geografis dengan mayoritas pembaca, kemesraan pribadi, dll)

- Terdapat Human Interest (Peristiwa yang menyentuh lubuk, menggugah sikap dan menumbuhkan simpati pembaca)

- Konflik (Unsur pergeseran berupa berita tentang polarisasi atau ketegangan. Seperti tawuran, peperangan, perselisihan ditubuh parpol, kisruh dalam pemerintahan, dll)

C. Rupa Berita

1. Berita Sinambung

Laporan kasus yang ditulis secara singkat, padat, terbatas dan apada adanya. Ditulis dengan model memaparkan kejadian dalam stan apada danya, tanpa ditambah dengan penjelasan apalagi syarah.

Berita langsung terdiri dr dua spesies:

a. Cerita Keras (Hard News) merupakan laporan insiden besar atau sangat menghirukkan memiliki semakin dari jurusan aktualitasnya.

b. Berita Lembut (Soft News) merupakan petunjuk pendukung mulai informasi peristiwa atau rasa yang simpel.

2. Tuturan Opini

Cerita mengenai gagasan, pernyataan alias gagasan seseorang. Biasanya penjelasan cendikiawan, para ahgli atua pejabat menyenggol suatu perkara atau insiden.

3. Cerita Interpretatif

Berita yang dikembangkan dalam komentar atau penilaian wartawan atau nara sumber yang sanggup atas berita yang muncul sebelumnya, sejingga gabungan renggangan fakta dan interpretasi. Umumnya berawal dari informasi yang dirasakan kurang jelas atau tidak lengkap arti serta maksudnya.


referensi:
http://materi4belajar.blogspot.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar