Sabtu, 17 September 2016

Cara Menanam Hidroponik Sederhana pada Pekarangan

Tulisan kali ini berisi informasi cara menanam hidroponik yang simpel dan siap dilakukan yang rumah anda. Hidroponik merupakan cara ataupun teknik bercocok tanam menggunakan menggunakan prasarana tanam non tanah atau selain zona. Media tanaman hidroponik dapat berupa sekam bakar, cocopeat, pasir kerikil rockwool dan lan-lain. Cara menanam hidroponik dapat dijalani dimana pula contohnya pada halaman rumah anda, wadahnya pun sanggup menggunakan apa saja pot, drum bekas, kaleng tanda cat / bahkan botol mineral bekas.

Cara Menanam Hidroponik

Cara menanam hidroponik sebenarnya luar biasa cocok untuk diterapkan pada daerah perkotaan atau kawasan urban, plus banyak manfaatnya diantaranya hemat tempat & ramah putaran. Contoh tanaman hidroponik yang sangat gampang untuk tatkala tanam beserta cara menempatkan hidroponik ialah jenis tumbuhan sayuran daun seperti sawi, kangkung, pakcoy, kailan, seledri, kemangi & lain sebangainya.

Hal yang hidroponik harus diperhatikan dalam cara menanam hidroponik adalah tumpuan tanam serta nutrisi hidroponik atau baja hidroponik. Pastikan media tanam cukup gandar sehingga larutan dan nutrisi dapat pada serap sambil akar tumbuhan tapi juga cukup tegar untuk menyekang tanaman hidroponik.

Tahapan Cara menanam hidroponik

1. Penyemaian Benih

Benih benih pada tray ataupun wadah bibit, gunakan tampang yang tingkat germinasinya diatas 80%. Media semai yang baik dan umum dimanfaatkan adalah rockwool. Rockwool super praktis plus memiliki volume air yang tinggi & steril. Jika benih sudah cukup umur ubahan ke tumpuan tanam

2. Penyiapan syarat tanam



Gunakan media tanam yang sumbu bisa jalinan sekam membakar dan pasir kerikil, / campuran rockwool dan pasir kerikil. Tempatkan media tanam pada pelindung yang diinginkan seperti vas atau pipa bekas.

3. Pemberian Nutrisi

Gunakan nutrisi hidroponik yang tepat, pemberian nutrisi dalam cara menugaskan hidroponik luar biasa penting hisab pertumbuhan tumbuhan. Anda siap meracik seorang diri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. Pemberian nutrisi bisa beserta cara siram manual awal dan sore hari, atau jika anda ingin kian praktis engkau bisa mengecek cara menempatkan hidroponik dengan sistem sumbu atau wick silahkan cek pada pelan. Sumbu (bisa dari randu, sumbu tunggang atau lampit bekas) hendak mengalirkan nutrisi ke seantero bagian tumbuhan. Teknik wick ini diartikan sebagai salah satu kiat hidroponik simpel.

4. Pemeliharaan

Perawatan saat sistem hidropinik pada dasarnya tidak berbeda jauh beserta perawatan dalam penanaman sistem konvensional sebagaimana pemangkasan, eliminasi gulma dll.
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar