Sabtu, 16 Juli 2016

Teknik Sebagai Stand up Comedian Bagi Pemula

Jadi comic/stand up comedian itu menurut gue gak asal ngomong di depan platform terus menggelikan terus siap tepuk tangan. Kalau ngomong soal menggelikan, Sule juga lucu. Stand up comedy gak pokok bikin tertawa penonton, akan tetapi juga ngasih pesan moral ke tanda. Sejauh itu stand up comedian yang keren betul yang tahu gue tonton itu Ge Pamungkas. Do'i stand up dua weker lebih, banyak pesan stand up comedy indonesia sanubari yang disampaikan, gue pengin banget menjadi comic kayak dia, cuman kurang ganteng doang.

Sungguh wes, gak usah rutin basa-basi. Hamba mau bagi-bagi tips bakal kamu yang pengin oleh sebab itu stand up comedian, terutama yang baru nyoba. Rupanya apa-apa agaknya, gue cuman pengin berbagi apa yang gue tau.

1. Tulis materi

Semua comic mesti tulis pokok, Pandji, Ernest Prakasa, Gue juga nulis materi sebelum tampil. Tujuannya biar kalian gak blank di atas panggung, tau dimana rencana opening serta kapan rencana closing. Segenap bakal keliatan rapi pada waktu materinya ditulis dulu.

Besar comic baru yang gak nulis materi gara-gara kepunyaan pemikiran kalau stand up comedy tersebut asal ngelucu depan stan. Stand up comedy itu beda kolektif komedi yang lain.

2. Tan- try to be funny

Ini pun yang mengasingkan stand up comedy pada komedi lainnya, stand up comedy ini gak try to be funny (mencoba untuk lucu). Pake seragam badut, lempar-lempar tepung, dsb. Memang gerangan, biasanya kalau baru nyoba kemungkinan besar try to be funny, sebelum terlambat gue saranin tanpa. Bikin penonton ketawa sumber apa yang kita omongkan, jangan ketawa gara-gara temperamen gak tentu kita diatas panggung.

3. Jangan pakai materi orang2.

Materi mesti 100% semu sendiri, gak boleh ngambil punya comic yang udah ada / ngambil tatkala internet "Kumpulan cerita lucu" dll. Probabilitas sama menggunakan materi orang lain tersebut ada, lamun kata Raditya Dika, kolektif itu gak papa, asal gak disama-samain. Tapi, jika ada yang bilang "Wah, materi lo sama sumbuk punya si Pandji". Sampeyan gak usah ngeyel, bikin materi segar lagi, menurut cepet tersebut namanya.



4. Jadi muncul sendiri

Setau gue, comic yang tertinggi ditiru ini Raditya Dika, Kemal, Ge Pamungkas, Fico. Ditiru daripada segi substansi, pembawaan, terpangkal mirip sekali lah. Tilikan gue, jangan niru kepribadian yang udah ada. Dari lahir kita diciptakan berbeda-beda.

5. Tanpa pernah plong

Kalau udah tulis substansi, gak try to be funny, gak pakai peralatan orang lain, jadi ada sendiri. Non puas lepas, kita gak akan sudah belajar bahwa kita tangkas merasa lega. Masih tidak sedikit kekurangan yang perlu diperbaiki. Bisa jadi penampilan pertama terurai, tapi penampilan kedua sangar. Latih terus..

6. Banyakin jam tumpur

Ngelatih hal itu bisa pas lagi dalam kost, nyetir mobil, atau pas pun nongkrong di WC. Namun demikian, jam tumpur itu cuma bisa didapetin di platform openmic.

7. Ikut lingkungan itu kudu

Kalau menurut gue sih ikut komunitas itu wajib, kamu siap gabung warga stand up comedy di kota engkau. Kalau gue ikut yang stand up Indo Sedu hehe. Masuk komunitas itu enak

referensi:
https://www.youtube.com/c/dzawinnurikram
https://id.wikipedia.org/wiki/Pelawak_tunggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar