Rabu, 08 Juni 2016

Sesuatu yang Memikat dari Grup Idol AKB48

AKB48 merupakan grup idol asal Jepang yang diproduseri Yasushi Akimoto. Dibentuk di dalam 7 Desember 2005, group ini berbasis di pejabat teater, & terdiri dr 48 warga perempuan yang dibagi memerankan 3 tim: Tim A, Tim K dan tim B, yang masing-masing berisi dari 16 anggota. Postulat awal mulai pembentukan AKB48 adalah “Idol yang bisa kamu temui setiap hari”.

1. Banyak

Semua orang yg mutakhir kenal AKB48 biasanya sinambung tercengang mengikuti soal “jumlah” di dalamnya. Sangat ga umum tersedia grup idol dengan jumlah anggotanya sebanyak 48 orang-orang (lebih, malah), meski ujung2nya nanti sosok dibagi2 ke dalam tim. Tapi inilah AKB48, lapisan idol paling besar di jagat, dan cuma ada dalam Jepang.

2. Member

Segala sesuatu yg memproduksi AKB48 luar biasa dari koalisi idol berbeda selain jumlahnya itu? Gak lain sebab karakter member2nya yg beda. Perlu tapak, ga seluruh member2 AKB itu cantik.

6293704828550070808.jpg

3. Postulat

download mv akb48 terlatih dari ide brilian pendirinya, Akimoto Yasushi (atau lazim dipanggil Aki-P) mengenai “grup idol yg sederhana”, “idol yg sanggup kamu temui”. Kalo rencana ketemu mereka, datang saja ke teater-nya yg siap di Akihabara. Mereka lah satu2nya koalisi idol dengan konsep teater di Jepang yg tersedia saat ini. FYI, Aki-P seorang diri dulu pernah membentuk sabuk idol berbasis teater pun bernama “Onyanko Club” pada tahun 1970-an. Grup mereka sudah bubar, dan istri Aki-P ialah salah satu mantan personel dr Onyanko Club.

4. Versi

Bagi orang yg belum terbiasa menurut lagu2 idol jepang takut-takut tidak sukaria dengan lagu2 AKB, menurut suara membernya yg tipe2 “high pitch voice”. Awalnya saya pun berpikir demikian. Rasanya masih banyak penyanyi2 lain yg suaranya jauh lebih indah daripada idol2 jepang.

5. Lirik

Kebanyakan lirik untuk lagu2 AKB48 bertema mengenai cinta tersebut indah, gemar itu menyiksakan, dan hidup adalah perkelahian. Ada juga lirik yang maknanya agak kontroversi diantaranya tema bullying dan permasalahan2 kompleks yang sering dialami remaja2 Jepang. Lirik2nya disusun dengan sangat menyentuh serta ekspresif maka itu mudah “sampai” ke membenang para pendengarnya.

6. Wota

Wota didefinisikan sebagai otaku idol. Maniak idol. Istilah itu dipakai dalam mereka yg sangat tergila2 dengan idol2 Jepang. Umumnya para wota memiliki tarian khusus yg dinamakan “wotagei” ketika memirsa konser idol-nya. Namun bertentangan dengan wota idol unik, wota AKB48 tidak mengarungi “wotagei”.

7. Kostum

Yang membuat hamba tertarik adalah kostum2 yg mereka pakai saat perform di teater. Umumnya formal 1 miniatur = 1 kostum. Jadi setiap bengawan lagu mereka dibawakan, rela lagu periode atau pertama, sekalipun dibawakan di teater yang berbeda, oleh member yang bertentangan, kostum yg dipakai sungguh yang itu2 juga (atau minimal dimodifikasi sedikit). Yg jelas tempat penyimpanan kostum2 mereka ramai banget disematkan koleksi ladam dan aksesoris2 lainnya.

8. Teater

Teater AKB48 terletak di geladak 8 khanah DonQ yg ada pada tengah2 daerah Akihabara. Teater ini tidak terlalu padat, kapasitas bangku penontonnya sama sekali ada 150 dan sekitar bisa berdiri di pungkur untuk kapasitas 100 orang-orang.

9. MC

MC di teater AKB48 terbilang unik, karena itu membawakan acara tanpa tulisan sama sekali. Jadi mau ngobrol ngalor ngidul juga sah2 aja. MC biasanya dibawakan saat pergantian lagu untuk menghabiskan zaman menunggu member2 yg mau tampil berikutnya dengan seragam lain.


referensi:
http://www.bk-blackkoala.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/AKB48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar