Selasa, 10 Mei 2016

Tumbuhan Langka Pada Nusantara

Selain hewan, tumbuhan atau tumbuhan ada yang terancam tumpas alias pelik baik di Indonesia bahkan di Wilayah. Indonesia dikenal sebagai tempat yang punya kekayaan dunia yang melimpah, bahkan Indonesia disebut sederajat negara beserta keragaman total spesies tumbuhan nomor dua di globe. Beberapa tumbuhan yang pelik di wilayah, sebagian antaralain merupakan tanaman yang muncul di indonesia.

Apa sekadar tumbuhan luar biasa yang tumbuh di Nusantara, disini Ndombes blog akan memberikan infromasi kepada anda mengenai tumbuhan langka dalam Indonesia atau pun di globe dari tumbuhan langka di indonesia

1. Hamparan sulam

Merupakan tanaman yang dapat tumbuh hingga meraih 45 meter. Pohon yang ada mempunyai diameter sekitar 45cm. Tumbuh dalam daerah rawa gambut. Penyebarannya di jazirah Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan Timur. Tatkala Kalimantan Spesies Tanaman Langka ini kian dikenal beserta nama Beitis, Margetahan, Nyato, Nyatoh, Nyatoh Jangkar.

2. Bayur

Sengkang batang mencapai 54 centimeter dengan menjulung pohon datang 59 m. Tumbuh pada ketinggian 600 m pada atas parasan laut di daerah pegunungan, kadang tampak juga yang daerah berbatu gamping. Rata-rata dipakai utk konstruksi pondok rumah maupun furniture. Tersebar di Kalimantan Timur, Samar-samar, Serawak & India.

3. Bulian

suweg-raksasa.jpg

Diameter batang merebut 95 centimeter dengan menjulung pohon sampai dengan 36 m. Tumbuh pada ketinggian 600 m pada atas segi laut. Rata-rata tumbuh dalam daerah lereng perbukitan pada tanah berpasir. Biasanya dipakai untuk tata berat olehkarena itu sifatnya yang kuat serta tahan lama. Tersebar di Kalimantan, Maluku, Sumatera dan Malaysia.

4. Tengkawang

adalah seri buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang cuma terdapat tatkala pulau Kalimantan dan sekitar kecil Sumatera. Dalam norma Inggris, Macam Tanaman Sedikit langka ini dikenal serupa Illepe Nut atauBorneo Tallow Nut. Pohon yang berisi atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini jadi maskot (flora identitas) teritori Kalimantan Barat.

5. Anggrek tebu

yaitu anggrek tertinggi, paling besar & paling berat diantara jenis-jenis anggrek yang lain. Dalam mono rumpun kuat, anggrek tebu dapat merebut berat semakin dari 1 ton serta mempunyai jenjang malai sampai 3 meter dengan diameter malai lebih kurang 1, 5-2 cm. Itulah sebabnya Jenis Tanaman Luar biasa ini cukup menyandang predikat sebagai anggrek terbesar & terberat ataupun anggrek gergasi.

6. Kapur Barus

didefinisikan sebagai jenis tumbuhan dalam rombongan Dipterocarpaceae. Spesies ini didefinisikan sebagai salah satu sumber utama atas kapur barus dan mempesona pedagang Arab awal ke Kalimantan, di saat ini senilai lebih atas emas, dan digunakan bagi dupa & parfum.

Tumbuhan langka tersebut ditemukan di Sumatra, Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.

Tanaman ini adalah pohon besar, tinggi muncul 65 m atau apalagi 75 m, ditemukan dalam hutan adonan pada zona yang di humat berpasir kuning. Tumbuhan ini diartikan sebagai kayu keras berat yang dijual di bawah identitas dagang dari “Kapur”
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar