Jumat, 04 Maret 2016

Tips di Mengarang Musik DJ

Postingan kali ini saya akan membahas perkara bagaimana tingkat membuat musik DJ, yang sering di tanyakan kira-kira teman melalui email ataupun facebook. Sedangkan sebenarnya udah saya teliti pada postingan cara memproduksi lagu dj dan remix. It's ok, perjelas lagi bagaimana langkahnya lebih uraian. apa selalu yang mesti kita siapkan dan lakukan, agar prosesnya menjadi semakin mudah dan bisa sebagai panduan bagi pemula. Soalnya musik/lagu dj agak luar biasa dengan musik dan lagu-lagu pop komersil di picisan.



1. Pahami terlebih lalu style/genre lagu DJ

Maksud saya diartikan sebagai perlu rekognisi lebih mendalam tentang tahap lagu dan element musik genre lagu EDM (electronic Dance music). Agar saat saat prosedur tidak menyebrangi stuck di tempat sandi asma ngeblank, gelisah mau seperti apa musiknya. Sebagai contoh, bila anda hendak membuat lagu dengan model electro house, maka kita harus pahami betul genre tersebut. Juga ketika member akan memproduksi lagu dutch house, progressive house, trance, yang sekarang lagu hit di indonesia. Sangat yang perlukan kesadaran musiknya. Dalam memahaminya member bisa menghisabkan lagu-lagu yang sudah ada. Pahami tempo/bpm, bassline, beat, sound instrument, melody, & lainya. Juga struktur lagunya. Dengarkan dr Intro cukup outro.

2. Gunakan Software musik composing dan production

Setelah saya paham Mixtapeindonesia.com, selanjutnya kita putuskan akan membangun software DAW apa untuk membuatnya. Dikau bisa mempergunakan Logic memihak, Fl studio, pro tool, abelton live, dan yg lain. Saya pribadi memakai Fl studio 10 signature bundle box version dalam menyalakan project musik, karena saya tahu ilmunya (walaupun sedang terus belajar). Apapun software yang kita gunakan untuk hasilnya didefinisikan sebagai tergantung member sendiri, gimana kita siap meng-explorasi taklimat. Termasuk gimana kita dapat menjiwai musik itu sendiri. Karena menurut para musisi handal musik yang mengembol dari jiwa akan berasa lebih muncul.

3. Pelajari terlebih lepas tentang Kepiawaian musik

Itu sangat krusial sekali aku kuasai walau sedikit pra membuat musik dj/ngeremix. Semoga punya panduan dan skill. Terutama tentang Chord progression / harmonic progression. Dengan sederhana penjelasan chord progression dalam musik adalah teori untuk mengerti perubahan chord, hubungan nyaman tiap ucapan, root key. Silahkan mengaji di wiki agar semakin jelas. Misalnya ketika saya memainkan gitar kemudian tarik suara dengan chord / Key dasar C, maka rootnya adalah ke chord C, DM, E, F, G, A, B (kombinasi major dan minor), jika pada urut berlandaskan scale ucapan. Tapi untuk lagu tdk harus teratur seperti itu dalam chord. Tergantung lagunya.

4. Komputer serta sound bentuk

Pastikan PC komputer alias laptop, mac, yang kita gunakan mengarungi spesifikasi yang cukup. Menyerupai Procesor, Ram, hdd, soundcard/usb sound. Pendapat pengalaman hamba komputer yang kita membubuhkan sangat menawan kinerja Vst instrument / effect yang kita gunakan dalam membuat lagu.

5. Action

Mulailah dari sekarang, hal segalanya yang baru harus anda lakukan bagi membuat musik DJ pada serius, kau lah yang tahu. Bagus hanya cuma untuk hoby atau dalam tujuan mancari income dr musik. Bila ingin pelajari secara otodidak lakukan step by step dan tabah, karena siap proses yang harus kau bayar. Cari informasi serta tutorialnya tatkala youtube ataupun bisa sedari di blog ini apabila memakai Fl studio. Jika ingin segera bisa, carilah seorang pembimbing atau guru di ruang anda.

referensi:
http://www.mixtapeindonesia.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Disjoki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar