
Cara Kerja Motor 4 Tak
1. Langkah isap
Piston bergerak dr TMA (titik mati atas) ke TMB (titik tak bernyawa bawah). Pada langkah yang ada, campuran udara dan benih bakar diisap ke untuk silinder. Klep isap tersibak sedangkan angkup-angkup buang tersembunyi. Waktu piston bergerak di bawah, menerbitkan ruang bumbung menjadi vakum, masuknya ikatan udara & bahan bakar ke pada silinder dikarenakan adanya tolakan udara luar (atmospheric pressure).
2. Sepak-terjang kompresi
Piston bergerak dari TMB di TMA. Dalam langkah yang ada, campuran udara dan benih bakar dikompresikan/dimampatkan. Katup seropot dan klep buang tersembunyi. Waktu torak mulai turun dari titik mati pangkal (TMB) ke titik mati atas (TMA) campuran udara dan benih bakar yang diisap tadi dikompresikan. Alhasil tekanan serta temperaturnya memerankan naik, jadi akan mudah terbakar.
3. Langkah usaha
Piston melangkah dari TMA ke TMB. Dalam sepak-terjang ini, perkakas menghasilkan tenaga untuk menggerakan kendaraan. Sedetik sebelum torak mencapai TMA pada saat langkah kompresi, busi memberikan loncatan kilatanapi pada adonan yang telah dikompresikan. Dengan terjadinya pembakaran, keuletan dari tolakan gas pembakaran yang semampai mendorong torak kebawah. Jual beli ini yang menjadi tenaga mesin (engine power).
4. Langkah lempar
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Dalam sepak-terjang ini, gas yang terbakar dibuang atas dalam bumbung. Katup lempar terbuka, piston bergerak atas TMB ke TMA menyandung gas bekas pembakaran ke luar daripada silinder.
Tips Merawat Motor 4 Tak
Setiap pengemudi motor tetap ingin tunggangannya terawat dengan baik, dan irit bakal bakar sebagaimana motor ninja 4 tak. Untuk mereka yang menggunakan Motor sebagai sarana operasional, wajar berharap kendaraannya akan uzur panjang.

Nah, ada beraneka ragam macam pemeliharaan dan pengawetan yang mesti Anda lakukan secara konstan, diantaranya ialah:
1. Periksakan Busi Motor gede
Busi amat vital kira kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya masih menarik pakai, sanggup dipergunakan tambah. Tapi bahwa sudah meraih 12 seperseribu km, sepantasnya businya pada ganti,
2. Cek Gadang Karburator
Menurut Deny, gadang karburator terbagi dua, yakni jenis bersimbah dan polos. Model gadang basah, dibersihkan dengan mempergunakan bensin dulu dilumasi oli setelahnya. “Umumnya motor lulusan tahun 1990-2000-an, menggunakan desain filter basah seperti ini, ”
3. Usut Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor alias terlalu lantang, “Bila rantainya kendor, sedang disetel. Namun kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus sengkela (chain lube). Biasanya, sengkela harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu lalu 35 seperseribu km. ”
4. Melenyapkan Karburator
Percik bagian pilot dan main jet Motor. Untuk menyusun angin Motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut pasangan angin & buka permulaan berlawanan pedoman jarum weker, maksimal 1/2 putaran.
5. Cek Keadaan Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 terbang, umumnya sudah menggunakan species aki polos yang Tak memerlukan penjagaan khusus (non maintenance). “Tapi setiap 3 tahun, maksimum, wajib yang ganti, ” terang Deny.
referensi:
http://hargamotormobil.com/motor-ninja-4-tak-250-cc-bekas-berkelas/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar