Rabu, 03 Februari 2016

Cara Memperbaiki AC yang Tidak Normal

Penggunaan AC atau penyejuk ruangan bagi sebagian famili sudah merupakan kebutuhan. Secara AC situasi di bait menjadi kian nyaman. Dalam menjaga kenyamanan tersebut maka harus dilakukan pemeliharaan terhadap AC. Bila tidak maka AC akan menjadi redup dingin dan boros tenaga Listrik.

Sekalipun sudah dirawat terkadang AC masih pun tidak tenteram meskipun blower indor wajar mengeluarkan siklon, namun yang keluar semuanya angin saja. Kerusakan AC dengan pokok demikian penuh penyebabnya. Antaralain adalah kurangnya gas freon, condensator outdoor rusak / kompresor AC rusak.

Berikut adalah tips ac kurang dingin

1. Periksa Kipas Outdoor AC

6246617537244791892.jpg

Jika takat 1 sudah dilakukan namun, AC tetap tidak susut, cobalah hidupkan AC & perhatikan apakah kipas dalam outdoor AC berputar. Apabila kipas gak berputar sesudah beberapa lama AC dihidupkan berarti terselip masalah pada Kipas tersebut. Untuk memastikannya matikan serta cabutlah sumber listrik atas AC. Setelah itu buka tutup atas dari outdoor AC.

Periksalah kabel-kabel dan terminal-terminal paling utama yang menyatroni ke kipas. Perhatikan apakah ada rantai yang hangus atau lesu. Perbaiki jika ada rantai yang gosong atau sedap.

6246617549800799634.jpg

2. Kontrol Kondensator / Kapasitor Outdoor AC

Bahwa tahap dua. 1 telah dilakukan tetapi kipas wajar tidak menunu periksalah kondensator. Kondensator tersebut bentuknya kuat seperti tempayan. Umumnya jika kondensator usang maka kondensator ini mau menggelembung meskipun tidak tetap demikian. Kalau kondensator usang ganti serta coba hidupkan lagi AC

3. Selidik Impedansi Kipas

Jika step 2. dua telah dijalani dan kipas tetap tidak bisa sirkulasi periksa impeansi kipas. Tara ini seharga dapat dijalani oleh manusia yang memiliki pengetahuan sistem listrik sedang dan punya alat sukat. Ukur dengan multimeter kenur yang menyatroni ke kipas. Biasanya impedansi kipas yang bagus akan menunjukan sejumlah puluh ohm. Jika impedansi terukur amat kecil ataupun mendekati short atau nol atau amat besar atau open, tiru kipas mereka

4. Telaah tegangan menyatroni ke kipas

Jika step 2. 3 telah dikerjakan dan kipas tetap gak bisa sirkulasi periksa tegangan menuju ke kipas. Takat ini hanya dapat dikerjakan oleh orang yang punya pengetahuan teladan listrik cukup dan memiliki alat sukat. Hidupkan AC lalu kontrol tegangan menyatroni ke kipas dengan multimeter. Jika tiada tegangan matikan AC dan cabut sumber listriknya dan lalu periksalah kawat yang menghubungkan indoor bagian dan outdoor unit. Jaga apakah tersedia kabel yang hangus ataupun cacat sebab digigit tikus misalnya. Bahwa ada perbaiki. Jika tiada periksa kabel terminal pada indoor segmen yang berawal dari outdoor unit. Perhatikan apakah siap kabel alias terminal yang hangus ataupun kendur. Bahwa ada perbaiki. Jika tiada dan engkau mempunyai pesiaran yang persis[cak] dibidang listrik atau elektronik anda mampu melanjutkan inspeksi di sesi rangkaian pengarahan AC.

5. Periksa Kondensator / Kapasitor untuk Kompresor

Jika kipas Outdoor AC berputar akan tetapi AC tidak dingin telaah kondensator bagi Kompresor. Kondensator untuk kompresor terkadang digabung dengan kondensator untuk kipas dalam ahad kemasan serta terkadang tukang peras. Periksa kondensator untuk kompresor seperti step 2.

6. Periksa Spark Gap atau MOV

Spark Gap atau MOV berfungsi sebagai pengaman rangkaian apabila terjadi guncangan tegangan listrik. Bentuknya seperti uang logam. Jika terbagi atau gosong ganti spark gap mereka.

7. Kontrol Kompresor

Bagi memeriksa kompresor ikuti cara step 2. 3 serta 2. 4 hanya saja kesempatan ini lakukan step tersebut dalam kompresor.
referensi :
www.nationalelektronik.com/2015/06/penyebab-ac-kurang-dingin-atau-ac-tidak-dingin/
https://id.wikipedia.org/wiki/Elektronika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar