Selasa, 05 Januari 2016

Teknik Memilih Keris yang Cantik

Agar tdk tertipu di usaha memperoleh keris, mesti dipahami bahwa tidak semua keris yang tampilannya secara awam cantik, dengan garapan yang kompleks, dan paparan mempunyai sistem yang menjulung.

Klasfikasi bertolak pada Waktu Produksi

Berdasarkan tenggat pembuatan terbit beberapa konsep penyebutan tentang keris. Yang pertama bertugas dengan penangguhan dan yang kedua memisahkan berdasar lapuk dan pertama.

Konsep Penangguhan

Dari rujukan http://www.duniakoleksi.com yang terselip, secara konsep muncul 2 konsep yang dianut oleh kalangan penggemar/pemerhati keris, Pengertian Penangguhan pertama dengan memberi keris di dalam penangguhan Kuno (masa mula kerajaan Mataram Kuno cukup berdirinya Pemerintahan Kahuripan, biasa juga dikenal sebagai Tangguh Purwocarito), Madya Usang (Masa Negara Singosari, Wana, Kediri) Uzur Tengah (Masa Kerajaan Pajajaran, Majapahit, Blambangan), Tengahan (Masa Kerajaan Pengging, Demak, Mengekspos mendekorasi, sampai Mataram Sultan Agung) dan Nom (Masa Negeri Kartosuro, Surakarta, Yogyakarta hingga pertengahan masa XIX). Postulat Penangguhan Kedua terkait peluang berdirinya negeri dan daerah (sekilas bisa dilihat pada tulisan sebelumnya).

Konsep Keris Lama dan Baru

6236197836955820386.jpg

Berdasar pada konsep yang ada keris dibagi menjadi dua golongan buntal, yaitu Keris lama yang terdiri untuk keris tua renta dan nem-neman, dan Keris baru. Penggolongan keris lama adalah Keris yang terbuat sebelum konklusi abad XIX dan Keris baru adalah keris yang dibuat sesudah pertengahan kurun XIX. Yang disebut Keris tua serta nem-neman seorang diri ada kira-kira pendapat, rumpang lain bahwa yang dikenal dengan keris uzur adalah Keris yang terbuat pada masa kerajaan Majapahit dan sebelumnya. Pendapat lain menyatakan bahwa keris yang dibuat dalam masa pemerintahan Mataram Sultan Agung dan sebelumnya mampu dikelompokkan serupa keris uzur. Pada prinsipnya dengan kondisi fisik yang serupa keris lama secara umum nilainya semakin tinggi dari keris mutakhir.

Klasifikasi menurut keaslian (originality)

Berdasarkan postulat ini kalian mengenal Keris asli (utuh dan gak utuh), Keris besutan serta keris owah-owahan. Keris pasti adalah Keris yang tidak menyebrangi perubahan susunan pada buah yang dapat menyebabkan regenerasi dhapur dan juga bukan mengalami penambahan pamor yang dilakukan untuk rentang waktu yang jauh setelah keris maka. Penggantian ganja keris tetap dapat dianggap tidak menghilangkan keaslian Keris, demikian pun dengan penghargaan kinatah & sinarasah.

Keris besutan bermula dari Keris lama yang karena memilikinya aus terutama pada sosok tajam Keris yang diproses menjadi halus kembali tanpa merubah dhapur atau merek keris. Sesuai diketahui, bahwa logam di dalam keris lapuk kadang di dalam sisi tajamnya membentuk setaraf keropos patut atau istilahnya ngeron tebu. bagian ini yang dihaluskan dengan urusan untuk keindahan dan juga pengawetan. Perolehan dari besutan mengakibatkan standar bilah Keris menjadi kian ramping. Sebagian penggemar Keris kurang suka proses yang ada, tetapi sekitar yang lain suka dengan keterangan untuk pelestarian keris, pokok kondisi ngeron tebu bertambah lama dengan membuat Keris keropos & patah.


referensi:
http://www.duniakoleksi.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Keris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar